Basarnas: Kotak Hitam Sudah Ditemukan

RadarOnline.id, JAKARTA – Kotak hitam pesawat helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas) yang disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang selama arus mudik dan balik Lebaran 2017
mengalami kecelakaan di kawasan perbuktan di Desa Canggal, Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada Minggu (2/7) telah ditemukan.

“Kotak hitam (heli Basarnas) ditemukan Minggu (2/7) sekitar pukul 20.00 WIB. Dan sudah dibawa turun pada Senin dini hari sekitar pukul 01.00 WIB,” kata Kepala Seksi Operasi Peralatan dan Komunikasi Basarnas, Agus Tamim.

Agus menjelaskan, kotak hitam itu akan diserahkan pada pihak berwenang untuk diperiksa. “Melalui kotak hitam tersebut bisa diketahui data rekaman pembicaraan pilot dan data cuaca,” ujarnya.

Warga di Desa Canggal dihimbau untuk tidak mendekati lokasi reruntuhan pesawat. Oleh sebab itu, aparat kepolisian dari Polres Temanggung dan Kodim 0706 Temanggung menutup akses jalan menuju ke lokasi jatuhnya heli Basarnas tersebut. Kini, serpihan-serpihan bangkai pesawat heli sudah diamankan di Posko Evakuasi.

Agus mengungkapkan guna mengevakuasi bangkai pesawat heli, pihaknya memotong bagian badan pesawat agar mudah diangkut.

“Proses evakuasi bangkai pesawat harus dilakukan dengan cara memotong beberapa bagian badan pesawat agar mudah diangkut ke Posko Evakuasi di Desa Canggal, Candiroto,” tandasnya. (Yenny)