OPP Merak Melarang Truk Masuk Pelabuhan H-4 Lebaran

0
67

RadarOnline.id, MERAK – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H/2017 tepatnya pada H-4 hingga H+3 Lebaran, Kementerian Perhubungan melarang truk ekspedisi untuk menyeberang di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Lampung. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan kendaran dan kemacetan arus lalu lintas pemudik.

Kami sudah mengeluarkan surat imbauan larangan truk masuk ke Pelabuhan Merak,” kata Kepala Otoritas Perhubungan dan Penyeberangan (OPP) Merak pada Kementerian Perhubungan, Harno Trimadi, seperti dikutip Antara, Jumat (16/6).

Harno menjelaskan, pelarangan truk ekspedisi untuk menyeberang pada H-4 hingga H+3 Lebaran ini berdasarkan Peraturan Direktur Perhubungan Darat Nomor SK.2717/AJ.210/DRJD/2017 tentang Pengaturan Lalu Lintas dan Pengaturan Kendaraan dan Angkutan Barang pada Angkutan Lebaran.

Pasalnya, pemberlakuan larangan itu mengingat penumpang pejalan kaki dan pengguna kendaraan pribadi diperkirakan akan mulai memadati pelabuhan pada H-4 hingga H-2 Lebaran. “Oleh sebab itu, kami berharap imbauan larangan truk masuk Pelabuhan Merak pada H-4 dan H+3 ditaati guna kelancaran arus lalu lintas penyeberangan,” katanya.

Untuk diketahui, jenis kendaraan yang dilarang beroperasi pada H-4 hingga H+3 Lebaran, yakni truk pengangkut bahan bangunan, truk tempelan, truk gandengan, truk kontainer dan kendaraan mengangkut barang dengan sambungan lebih dari dua. Meski demikian, tidak semua truk dilarang beroperasi, khususnya truk pengangkut sembako, BBM, Ternak dan antarpos. (Rodi)