Kodim 0833 Malang Gelar Latihan Posko I/2017

RadarOnline.id, MALANG – Guna menyiapan satuan kewilayahan dalam rangka melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, Kodim 0833 Kota Malang menggelar Latihan Posko I Tahun 2017, Selasa (13/6).

Bertempat di Aula Makodim 0833 Komandan Kodim 0818 wilayah Kab. Malang dan Kota Batu Letkol Arm Muridan S.Si M.Sc bertindak sebagai Pengawas Penilai (Waslai) Dandim yang di dampingi Perwira Perwira Kodim 0818 diantaranya Kapten Arm Supiarto Waslai Pasi Intel, Kapten Kav Sugianto Waslai Pasi Ops, dan Kapten Arm Haru Santoso Waslai Pasiter, dalam pelaksanaan Latihan Posko I Tahun 2017 tingkat Kodim yang diikuti Komando dan Staf Kodim 0833 dengan mengambil tema “Kodim 0833 Kota Malang Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah di Wilayahnya Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang” dengan permasalahan mengatasai kerusuhan masa didaerah (Kinflik Komunal).

Latihan Posko I tingkat Kodim yang diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 13 sampai 15 Juni 2017, bertujuan untuk melatih serta meningkatkan prosedur hubungan antara Komando dan Staf untuk membantu Pemerintah Daerah setempat dalam penanggulangan Konflik Komunal diwilayah Kodim 0833 Kota Malang.

Adapun sasaran Latihan Posko I yang harus dicapai yaitu mampu melaksanakan kegiatan prosedur hubungan Komandan dan Staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian dalam satuan operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur, mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan di lapangan, terlaksananya penyiapan dan aplikasi rencana operasi dan protap satuan, terlaksanakannya komando, kendali komunikasi dan informasi secara optimal. Untuk mencapai tujuan dan sasaran Latihan Posko I, maka sekenario latihan harus dapat mendekati situasi dan kondisi sebenarnya yang mungkin terjadi di lapangan.

Dengan cara ini maka dapat diukur kemampuan setiap staf dan satuan dalam menyelesaikan masalah yang timbul di lapangan serta membentuk prajurit dan satuan yang profesional, sekaligus dapat melakukan perbaikan, pengembangan dan penyempurnaan baik menyangkut protap, prosedur maupun taktik dan kodal yang lebih menggambarkan kesiapan satuan dalam menjalankan tugas pokoknya di lapangan. (Tim)

NO COMMENTS