Siapa Jadi Pemenang di Catalunya

Radaronline.id, JAKARTA – Rider Yamaha Maverick Vinales menyambut MotoGP Catalunya dengan optimistis. Vinales sudah punya ‘senjata’ untuk menghadapi balapan dengan percaya diri.

Vinales menjaga tren positifnya setelah finis kedua di MotoGP Italia pekan lalu. Podium di Mugello meneruskan momentum bagus bagi rider Movistar Yamaha itu setelah sebelumnya juara di Le Mans.

Menatap MotoGP Catalunya akhir pekan ini, Vinales merasa percaya diri karena yakin gaya membalapnya akan cocok dengan karakter sirkuit. Selain itu, Vinales juga sudah menemukan sejumlah pengaturan untuk motornya.

“Montmelo adalah trek yang sangat spesial untuk saya karena ini adalah balapan kandang. Treknya benar-benar bagus untuk saya dan untuk gaya balapan saya dan saya harap juga untuk motornya,” ujar Vinales seperti dilansir Crash.

“Kami dalam tren yang bagus, dapat momentum bagus, jadi kami kuat dan percaya diri dan kami punya banyak pengaturan kalau-kalau satu pengaturan tidak berhasil dan untuk alasan itu saya tiba di Montmelo dengan sangat termotivasi,” jelas eks pembalab Suzuki itu.

Sementara itu, Jorge Lorenzo juga yakin akan tampil lebih kompetitif di MotoGP Catalunya pada akhir pekan ini. Hasil tes di Catalunya baru-baru ini membuat pebalap Ducati itu percaya diri.

Sebelumnya, Lorenzo meraih hasil mengecewakan di MotoGP Italia, akhir pekan lalu. Meski sempat memimpin balapan, dia pada akhirnya cuma finis di posisi kedelapan. Padahal, rekan setimnya, Andrea Dovizioso, tampil sebagai pemenang.

Lorenzo juga siap menghadapi layout baru Sirkuit Catalunya, yang dibuat menyusul kecelakaan tragis yang merenggut nyawa Luis Salom pada tahun lalu.

“Saya tidak punya banyak waktu untuk merenungkan balapan di Mugello dan sekarang kami akan melakukan balapan lainnya, di Catalunya di mana saya selalu punya feeling yang bagus dan di mana meraih beberapa hasil bagus di masa lampau,” kata Lorenzo seperti dikutip Crash.net.

“Saya pikir sensasi kami di Montmelo bisa saja berubah, kami harus memahami bagaimana motor yang berbeda beradaptasi dengan modifikasi trek, namun referensi kami dapatkan dari tes di sini beberapa minggu yang lalu bagus,” sambungnya.

“Saya adalah pebalap Ducati tercepat dan ini memberi saya kepercayaan diri untuk menghadapi balapan penting ini di depan fans saya. Apapun bisa terjadi di sirkuit ini dan saya yakin akan lebih kompetitif di sini daripada di Italia,” kata Lorenzo.

Marquez Siap di Balapan Kandang

Sementara itu juara bertahan Marc Marquez kecewa dengan hasil yang diraihnya di MotoGP Italia. Rider berkebangsaan Spanyol itu ingin mengobati kekecewaannya itu dengan bangkit dalam balapan kandang di Catalunya.

Marquez harus puas finis di posisi keenam dalam balapan di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017) lalu. Itu adalah posisi finis terburuknya dari enam seri MotoGP yang sudah digelar pada musim ini.

Karena cuma mendapatkan tambahan sepuluh poin di Mugello, Marquez turun ke posisi keempat di klasemen pebalap. Dia mengumpulkan 68 poin, terpaut 37 poin dari Maverick Vinales yang berada di posisi teratas.

Marquez kini bersiap menghadapi seri berikutnya, MotoGP Catalunya, yang akan dilangsungkan pada akhir pekan ini. Pebalap Repsol Honda itu tahun lalu finis kedua di belakang Valentino Rossi di Catalunya.

“Saya gembira bisa segera kembali beraksi dan melakukannya di Catalunya, karena membalap di kandang sendiri di hadapan semua fans Anda selalu memberikan dorongan ekstra,” ujar Marquez seperti dikutip Crash.net.

“Di Italia, kami menghadapi situasinya sebaik mungkin, tapi kami harus bekerja dengan lebih baik. Kami harus mampu untuk bertahan di level bagus secara lebih konsisten,” sambungnya.

Marquez baru-baru ini melakukan tes di Catalunya bersama Repsol Honda. Berbekal data yang dia dapatkan dalam tes tersebut, Marquez lebih percaya diri menghadapi balapan di tempat yang sama.

“Tes yang kami lakukan di Catalunya beberapa hari yang lalu berjalan dengan cukup baik. Kami melalui banyak putaran, memperbaiki setelan motor, jadi kami akan berusaha untuk melanjutkannya mulai hari Jumat nanti,” kata Marquez.

Lantas siapa yang jadi juara diakhir pekan ini di Catalunya, selain  Vinales, Lorenzo dan Marquez ada juga Pedrosa rekan satu tim Marquez, mereka semua adalah asli dari Spanyol. Dan satu kandidat kuat lagi adalah Rossi, meski bukan orang Spanyol tapi Rossi keluar sebagai pemenang pada balapan tahun lalu.

Siapa yang jadi pemenang di catalunya, layak kita saksikan. (Rbp)

NO COMMENTS