8 Manfaat Sehat Jalan Kaki

RadarOnline.id, SURABAYA – Tahukah Anda? Berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain tak membutuhkan keahlian khusus, berjalan kaki juga tak perlu memakai peralatan atau pakaian olahraga tertentu yang harganya mahal. Cukup hanya dengan bermodalkan sepatu olahraga ringan, plus celana training panjang dan bahkan tanpa harus mengenakan alas kakipun bisa.

Banyak manfaat yang dirasakan dari berjalan kaki. Nah, jika selama ini Anda belum terbiasa atau malas untuk berjalan kaki, maka sebaiknya berfikir kembali, karena menurut sebuah penelitian berjalan kaki baik cepat maupun santai bisa membantu sembuhkan 8 jenis penyakit. Diantaranya:

  1. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah menuju ke jantung terhambat. Ini adalah kondisi medis darurat yang biasanya disebabkan oleh penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol.

Aktivitas berjalan kaki bisa mengalirkan darah dalam jantung. Dengan sering jalan kaki, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat ( LDL)  akan meningkat dengan berjalan kaki;

  1. Mencegah Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Dan, sebuah penelitian dilakukan pada 70 ribu karyawan yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, hasilnya resiko terserang stroke menurun hingga dua pertiga;

  1. Membakar Lemak

Sejumlah kalori dapat terbuang oleh aktifitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan ikut terbakar kemudin kenaikan berat badan tidak terjadi;

  1. Melangsingkan/Menurunkan Berat Badan

Pergerakan kaki hingga seluruh tubuh mampu menurunkan berat badan dan lemak yang ada di perut anda akan terkikis lakukan jalan kaki rutin selama satu jam;

  1. Mencegah Kanker

Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja, khususnya kaum wanita. Kita tahu, bergerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, seminggu buang air besar lebih tertib, jalan kaki juga bisa menurunkan resiko kanker payudara;

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit pada tulang yang terjadi saat kepadatan tulang menghilang lebih cepat daripada tulang yang bisa tumbuh/dihasilkan. Akibatnya, tulang menjadi kehilangan kepadatan pada inti, dan ketebalannya pada permukaan. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya patah, remuk, pecah, keropos, pada tulang.

Untuk mencegah Osteoporosis tidak cukup hanya dengan rutin konsumai vitamin D dan asupan kalsium yang banyak, tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit di bawah sinar matahari pagi dan anda akan terhindar dari Osteoporosis;

  1. Mencegah Kencing Manis

Penyakit kencing manis adalah gangguan metabolisme tubuh yang sifatnya kronis. Penyakit ini dalam dunia medis dikenal dengan Diabetes Melitus (DM). Penyakit jenis ini biasanya terjadi pada orang dewasa (untuk diabetes tipe 2), namun anak-anakpun bisa saja mengidap penyakit ini diusia dini karena pola hidup yang tidak sehat / kegemukan.

Oleh sebab itu, dengan rutin melakukan aktivitas jalan kaki mampu mencegah berkembangnya diabetes, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk selama gula darah bisa terkontrol. Lalu bagaimana caranya, Anda hanya membutuhkan jalan kaki rutin untuk terus menjaga kebugaran badan dan terhindar dari diabetes;

  1. Mencegah Depresi

Depresi adalah reaksi normal ketika orang melalui perjuangan dan kekecewaan dalam hidup. Bahkan depresi disebut sebagai salah satu gangguan kesehatan mental akibat reaksi normal yang mempengarungi pola pikir, perasaan dan lain-lain.

Untuk mencegah/mengurangi depresi lakukan aktivitas berjalan kaki cepat, hal ini bisa meminimalisasi gangguan tersebut.

Oleh sebab itu, kesehatan merupakan hal yang mutlak dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa kesehatan, manusia tidak bisa beraktivitas dan bekerja. Pentingnya, kesehatan bagi tubuh tidak perlu diragukan lagi.

Kesehatan sangat penting dan menjadi harta manusia yang paling berharga. Yukkk, mulailah melakukan pola hidup sehat salah satunya dengan berjalan kaki dari sekarang agar menjadi investasi berharga bagi kini dan nanti.   (Rokim)

NO COMMENTS