20 Manfaat Hebat Wortel

RadarOnine.id, JAKARTA – Tahukah Anda apa itu Wortel? Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 – 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar dan kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Tanaman yang masuk kategori sayuran ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk sayur atau  jus. Bahkan, jus wortel dianggap mengagumkan karena menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan termasuk efektif meningkatkan kesehatan kulit.

Selain vitamin A, wortel mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium, yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Berikut ke 20 manfaat baik mengkonsumsi Wortel untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Mengkonsumsi jus wortel secara teratur akan membuat kulit cemerlang bercahaya.
  2. Mengkonsumsi jus wortel mampu menghindari penuaan dini.
  3. Antioksidan akan membuat kulit tidak mudah berkeriput serta menghindari munculnya bintik-bintik gelap pada kulit.
  4. Jus wortel yang kaya kalium mampu mencegah kekeringan kulit.
  5. Jus wortel membantu mengurangi noda dan bekas luka.
  6. Minum jus wortel membuat tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik.
  7. Wortel menjadi bahan yang terkandung pada banyak produk perawatan kulit.
  8. Wortel mengandung minyak atsiri yang membantu kinerja pencernaan dan mencegah jerawat.
  9. Wortel memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu merevitalisasi warna kulit.
  10. Minum jus wortel secara teratur akan menjaga kulit tetap lembab, halus, lembut dan kenyal.
  11. Jus wortel berguna untuk mengobati warna kulit tidak merata.
  12. Antioksidan pada wortel mencegah masalah kulit seperti eksim, dermatitis, keriput dan ruam.
  13. Karotenoid dan antioksidan meningkatkan kekebalan kulit terhadap sinar matahari.
  14. Vitamin C membantu produksi kolagen yang meningkatkan elastisitas kulit.
  15. Vitamin A dalam wortel sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.
  16. Membantu pencegahan kanker.
  17. Menghilangkan serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh.
  18. Meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.
  19. Membantu pencegahan penyakit jantung.
  20. Mengurangi kemungkinan stroke. (Rani)