6 Makanan Ampuh Usir Pegal

0
5

RadarOnline.id, JAKARTA – Tahukah  Anda?  Tubuh punya cara sendiri untuk berkomunikasi dengan kita. Salah satunya, ketika badan sedang terasa pegal atau nyeri  dipastikan akan merasa kesal dan tidak nyaman. Untuk meredakannya, maka Anda pun cenderung mengonsumsi makanan yang kaya gula dan lemak untuk memulihkan stamina menjadi lebih baik. Namun ternyata, jika Anda salah mengkonsumsi makanan justru akan semakin membuat tubuh Anda terasa pegal.

Untuk mengurangi rasa sakit dan pegal, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan untuk mencegah penyakit berkepanjangan akibat tubuh tidak sehat. Diantaranya:

Jahe atau Zingiber Officinale merupakan salah satu tanaman herbal yang populer untuk digunakan  melawan rasa sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang karena sifat anti inflamasi yang dapat melawan rasa sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Kayu manis, merupakan tanaman termasuk dalam genus Cinnamomun. Pada zaman Mesir Kuno tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman obat dan bahkan hampir dianggap sebagai obat mujarab.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan, melawan bakteri, menyembuhkan borok/bisul, sumber nutrisi, menyuburkan kandungan, menurunkan kolesterol, meredakan batuk, mengobati TBC, Hernia, Asma, mengatasi rasa mual dan muntah serta membantu menjaga kadar gula darah Anda.

Bawang Putih atau Allium sativum atau garlic adalah nama tanaman dari genus Allium adalah salah satu tanaman herbal yang selain kaya akan kandungan anti oksidan serta anti inflamasi yang mampu menenangkan otot-otot yang sakit.

Bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker,  antioksidan, dan anti anti mikroba/bakteri.

Kacang Kenari adalah sebuah kacang dari berbagai pohon bergenus Juglans. Kacang Kenari salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung manfaat sifat anti inflamasi dan asam lemak omega 3 yang melawan rasa sakit serta meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan otak, menurunkan kolesterol, melawan kanker payudara, menghambat kanker prostat dan kaya antioksidan.

Kunyit atau kunir (Curcuma) adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli   dari wilayah Asia Tenggara. Mengonsumsi kunyit ketika tubuh Anda sedang pegal dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, anti inflamasi kuat, mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, pencegahan kanker, mengurangi resiko Leukimia dan mencegah depresi.

Nanas atau Ananas comosus Merr adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia dan Paraguay. Dengan mengonsumsi nanas dapat mengobati cedera otot, mengatasi rasa nyeri, memperkuat sistem kekebalan (imun) tubuh, kaya akan kandungan vitamin C, kaya akan kandungan serat, meredakan peradangan, menjaga kesehatan gusi dan mencegah katarak.

Nah! Ternyata mudah mengobati tubuh yang pegal dengan mengonsumsi makanan sehat bukan. Anda tertarik untuk mencobanya?   (Feb/Yen)