KPK Analisis Fakta Terkait Aliran Rp 600 Juta ke Amien Rais

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Terkait mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang disebut menerima uang Rp 600 juta dari mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Siti Fadilah. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menganalisis seluruh fakta-fakta yang muncul di persidangan kasus korupsi pengadaan alat kesehatan.

Hal itu diungbkapkan juru bicara KPK, Febri Diansyah. “Kami tentu cermati fakta yang muncul di persidangan tersebut terlebih dahulu,” kata Febri, saat ditanya apakah KPK akan ada atau tidak rencana meminta keterangan Amien Rais terkait kasus tersebut.

Ia menambahkan seluruh fakta yang muncul dalam sidang akan dianalisis. Pihaknya juga menunggu hasil temuan dari jaksa penuntut KPK.

“Kita analisis seluruh fakta yang muncul tersebut. Nanti penuntut umum tentu juga akan menyampaikan hasilnya secara berjenjang di KPK,” imbuh Febri.

Sementara Amien Rais sendiri sudah membantah tudingan tersebut. “Apapun itu, saya terima dengan senang hati. Menurut saya ini blessing in disguise,” kata Amien kepada wartawan di rumahnya di Komplek Pandeansari, Depok, Sleman, Kamis (1/6) kemarin.

Seperti diketahui Jaksa KPK sebelumnya menyebut Amien Rais menerima transfer dari Siti Fadilah sebanyak enam kali. Setiap transfer, Amien Rais menerima Rp 100 juta.

Dalam tuntutan jaksa, Amien Rais tercatat enam kali menerima uang aliran dari Siti Fadilah. Pertama, Amien Rais menerima uang pada 15 Januari 2007. Kemudian yang terakhir, Amien Rais terakhir menerima pada 2 November 2007. Uang tersebut berasal dari Siti Fadilah yang didapatkan Rp 6,1 miliar kemudian ditransfer ke semua pihak, termasuk Amien Rais. (Ams/Rbp)

Share.

Comments are closed.