8 Fakta Menarik Soal Kehamilan

RadarOnline.id, JAKARTA – Tahukah Anda apa itu Kehamilan? Kehamilan adalah suatu masa yang di mulai dengan pembuahan antara sperma dan sel telur dan berakhir dengan permulaan persalinan. Dimana, kehamilan merupakan hal menakjubkan pada tubuh wanita selama kurun waktu 9 bulan 10 hari.

Bagi wanita, memutuskan untuk hamil atau tidak hamil mutlak sepenuhnya menjadi milik wanita karena kehamilan sendiri bukanlah hal yang mudah, karena memiliki tantangan tersendiri ketika sedang hamil. Mulai dari perubahan fisik, perubahan hormonal, hingga tanggung jawab yang besar.

Ada banyak persepsi unik yang muncul tentang kehamilan. Sebelum itu, lebih baik kamu mengenali beberapa fakta menarik tentang kehamilan, diantaranya:

1. Ketika dalam kondisi hamil, rahim wanita membesar hingga 500 kali lipat.
2. Selama masa kehamilan, bayi yang dikandung menyerap nutrisi pertama kali dari makanan sehingga terkadang membuat ibu hamil kekurangan nutrisi tertentu.
3. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa, bayi buang air saat didalam kandungan.
4. Selama masa kehamilan, tulang-tulang wanita hamil menjadi sedikit ‘lunak’ karena adanya sekresi hormon relaxin dan estrogen yang mempengaruhi ligamen.
5. Kenaikan berat badan wanita hamil bisa 10-15 kilogram. Dan untuk berat badan bayi hanya sekitar 36%-nya.
6. Pada wanita hamil, tingginya kadar hormon bisa membuat kulit kering sehingga rentan stretch mark.
7. Jangan khawatir untuk menyusui sang buah hati, karena menyusui sama sekali tidak mengubah bentuk payudara. Tetapi kehamilanlah yang membuat payudara berubah.
8. Selama masa kehamilan, selain rahim, jantung dan kaki wanita hamil ikut jadi lebih besar.

Meski demikian, kehamilan merupakan hal yang dinanti-nantikan oleh setiap wanita ketika sudah menikah. Selama masa kehamilan tubuh wanita berubah secara ajaib. Namun, hal terpenting selama kehamilan adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan agar tidak terjadi komplikasi yang membahayakan bagi ibu dan bayi dalam kandungan. (Feb/Yen)

NO COMMENTS