Air Mata Perpisahan Totti

Radaronline.id, JAKARTA – Laga terakhir sang legenda sangat emosianal, dan semua fans dan penontong terharu. Kesedihan dan rasa haru kental terasa di laga perpisahan Francesco Totti. Hampir semua yang hadir di Stadion Olimpico menitikkan air mata saat Totti berpamitan.

Seperti diketahui, setelah 25 tahun membela AS Roma, Totti memainkan pertandingan terakhirnya pada hari Minggu (28/5/2017) malam WIB. Di laga giornata 38 Serie A melawan Genoa itu, Totti masuk di awal babak kedua sebagai pemain pengganti.

AS Roma menutup musim menang 3-2 atas Genoa dan finis kedua. Usai pertandingan, Roma menggelar sebuah seremoni untuk Totti. Sebuah kaus raksasa dengan nomor 10 terbentang di tengah lapangan.

Setelah kembali ke lapangan usai sempat masuk ke ruang ganti setelah pertandingan, Totti sudah disambut semua pemain Roma dan staf. Saat memeluk istri dan ketiga anaknya yang juga ada di sana, Totti tak bisa lagi menahan air matanya.

Kesedihan dan rasa haru kental terasa di laga perpisahan Francesco Totti. Hampir semua yang hadir di Stadion Olimpico menitikkan air mata saat Totti berpamitan.

Totti menutup kariernya di Roma sebagai pemegang rekor penampilan terbanyak (786) dan pencetak gol terbanyak (307). Selama membela Roma, Totti memenangi satu scudetto, dua Coppa Italia, dan dua gelar Piala Super Italia.

786 Penampilan, 307 Gol

Mengawali karier profesionalnya di Roma pada 1992, Totti kemudian tak pernah berganti klub sampai akhir kariernya. Meski sempat mendapat sejumlah tawaran dari beberapa klub besar Eropa saat masih muda, Totti menolak dan memilih bertahan di ibu kota Italia.

Selama berseragam Roma, Totti memenangi satu scudetto pada 2000/2001. Selain itu, Totti juga memenangi dua gelar Coppa Italia dan dua gelar Piala Super Italia.

Dua dekade lebih memperkuat Roma, Totti tercatat sebagai pemain dengan jumlah penampilan paling banyak untuk I Lupi. Sejauh ini, dia juga merupakan top skorer sepanjang masa Roma.

Berikut adalah angka-angka di balik karier Totti bersama Roma seperti dirangkum BBC:

786 – jumlah penampilan di laga kompetitif untuk Roma di semua kompetisi (rekor klub)

307 – jumlah gol di laga kompetitif untuk Roma di semua kompetisi (rekor klub)

25 – jumlah musim selama berkarier di Serie A, sejajar dengan Paolo Maldini (AC Milan)

23 – jumlah musim di mana Totti mencetak gol di Serie A (rekor)

32 – jumlah gol terbanyaknya dalam satu musim (2006/2007). Dia memenangi Sepatu Emas Serie A dengan 26 gol musim itu dan Sepatu Emas Eropa

16 – usia ketika dia melakukan debut untuk Roma

40 – usia ketika dia melakukan penampilan terakhir untuk Roma

22 – usia ketika dia menjadi kapten Roma, yang termuda di sejarah Serie A

1 – gelar Serie A pada 2000/2001

9 – runner-up Serie A

16 – kartu merah selama kariernya.

(Nds/Raw/Rbp)

NO COMMENTS