Inilah Juara Liga Top Eropa

Real Madrid – Chelsea – Juventus keluar sebagai juara Liga masing-masing negara.

Radaronline.id, JAKARTA – Setelah berjuang hingga pekan terakhir La Liga, Real Madrid akhirnya memastikan diri keluar sebagai juara La Liga Spanyol 2016/17 untuk pertama kalinya sejak musim 2011/12.

Hal itu bisa dipastikan setelah mengalahkan Malaga 2-0 di La Rosaleda. Skuat Zinedine Zidane sejatinya hanya membutuhkan satu poin untuk berdiri poduim juara setelah memimpin tiga poin atas sang rival abadi Barcelona, yang di saat sama mengalahkan Eibar 4-2 di Camp Nou.

Ketersandungan bisa berakibat fatal bagi Los Blancos mengingat klub Catalans memiliki rekor head-to-head yang terbilang superior dibanding Madrid. Tapi hal itu tidak terjadi dan Cristiano Ronaldo cs berhak mengamankan titel La Liga musim ini.

Ronaldo dan Karim Benzema menjadi pahlawan bagi Madrid berkat masing-masing golnya yang memberikan raihan tripoin terakhir di pekan pamungkas La Liga.

Dengan begitu, Madrid kini membukukan 33 trofi liga, sembilan lebih banyak dibandingkan milik Los Blaugrana. Disusul tetangganya, Atletico Madrid, yang telah mengamankan sepuluh gelar juara.

Liga Inggris

Sementara juara Premier League Chelsea keluar sebagi pemenangnya, dengan mengguli 7 poin atas Tottenham Hotspur sebagai runner up yang diikuti Manchester City dan Liverpool. Dengan demikian keempat tim tersebut berhak lolos ke Liga Champions musim depan, meski Liverpool harus melewati kualifikasi sebagi penghuni empat klasmen.

Meski berada diposisi enam kl;asmen akhir, Manchester United (MU) bisa masuk ke Liga Champions jika berhasil menjuarai Liga Europa, namun apabila tidak menang MU akan berlaga di Liga Europa bersama Arsenal dan Etverton.

Seri A Italia

Scudetto musim ini adalah scudetto keenam secara beruntun yang diraih oleh Juventus. Pencapaian Bianconeri tersebut merupakan sebuah sejarah baru di sepakbola Italia.

Kemenangan 3-0 atas Crotone di Juventus Stadium, Minggu (21/5/2017), memastikan Juventus menjadi juara Serie A 2016/2017. Juve tak akan terkejar oleh AS Roma karena unggul empat poin dengan satu laga tersisa.

Kesuksesan musim ini membuat Juve selalu meraih scudetto dalam enam musim secara berturut-turut. Mereka menjadi klub Italia pertama yang bisa melakukan hal tersebut.

Sementara Bundes liga Jerman pemenangnya adalah Bayern Munchen, di Ligue Perancis AS Monaco sebagai juara. Di Liga Belanda pemenangnya keluar Feyenoord menggului Ajax 1 poin. (RBP)

NO COMMENTS