Polda Metro Lakukan Rekayasa Lalulintas di Aksi 5 Mei

0
6

RadarOnline.id, JAKARTA – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI menggelar Aksi Massa pada Jumat, 5 Mei hari ini. Kegiatan Aksi 5 Mei ini akan diawali dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta, dan usai menunaikan salat Jumat, massa bergerak berjalan kaki menuju Gedung Mahkamah Agung (MA), di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, dengan adanya kegiatan Aksi 5 Mei dihimbau kepada peserta aksi untuk tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya. Oleh sebab itu, polisi melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di ruas jalan di sekitar Masjid Istiqlal dan Gedung MA.

“Ditlantas Polda Metro Jaya bersama stakeholder telah merencanakan pengaturan lalu lintas. Diharapkan seluruh kegiatan berjalan lancar, aman, dan terkendali,” ujar AKBP Budiyanto, Jakarta, Jumat (5/5).

Sedikitnya 620 personel Ditlantas Polda Metro Jaya diterjunkan untuk mengatur lalu lintas di beberapa ruas titik Ibu Kota selama Aksi 5 Mei berlangsung termasuk lahan parkir yang disediakan untuk massa aksi, diantaranya Lapangan IRTI Monas, Lapangan Banteng, Gelora Bung Karno Senayan dan Halaman Masjid Istiqlal Jakarta. Sementara, 220 personel disiagakan untuk menambah kekuatan pengaturan lalu lintas.

“Penerapan rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional berdasarkan kondisi di lapangan,” jelas AKBP Budiyanto.

Untuk masyarakat yang hendak melakukan aktivitas, berikut rute pengalihan arus lalu lintas di sekitar Masjid Istiqlal, Gedung MA, dan Istana Negara, Jakarta:

  1. Lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda.
  2. Lalu lintas dari Jalan Lapangan Banteng menuju Jalan Veteran dialihkan ke kanan menuju Jalan Pos.
  3. Lalu lintas dari Jalan Gunung Sahari menuju Jalan Dr. Sutoyo diluruskan ke Jalan Senen Raya.
  4. Lalu lintas dari Jalan Senen Raya menuju Jalan Budi Utomo diluruskan ke Jalan Gunung Sahari.
  5. Lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan menuju Jalan Perwira.
  6. Lalu lintas yang datang dari arah Simpang Lima Senen menuju RSPAD diluruskan ke Jalan Senen Raya – Wahidin.
  7. Lalu lintas dari Jalan Cikini Raya menuju Jalan M. Ridwan Rais dialihkan ke kanan menuju Jalan Kwitang Raya, atau arus lalu lintas yang datang dari arah Jalan Kwitang diputarbalikkan kembali ke Jalan Kwitang Raya. Sedangkan, kendaraan dari Jalan Kebon Sirih lurus ke Jalan Kwitang Raya.
  8. Lalu lintas dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih atau Tanah Abang.
  9. Lalu lintas dari Jalan Abdul Muis diluruskan ke Jalan Harmoni maupun Jalan Fachrudin.
  10. Lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Fachrudin. (Yenny)