8 Manfaat Kunyit Asam Bagi Wanita

0
51

RadarOnline.id,  JAKARTA  – Tahukah Anda? Mesti jaman sudah maju, teknologi kian berkembang namun bukan berarti ramuan tradisional dilupakan begitu saja. Wajib diketahui Ladies, ternyata ada jamu yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan terutama ketika mengalami proses datang bulan. Jamu diyakini dapat mengurangi rasa sakit dan memperlancar datang bulan. Jamu tersebut adalah kunyit asam.

Jamu kunyit asam adalah jamu yang paling mudah dibuat sendiri dan relatif aman untuk penggunaan sehari-hari. Berbagai macam manfaat kunyit asam, terutama bagi ladies. Di antaranya:

  1. Membantu meredakan sakit pada saat datang bulan;
  2. Membantu proses pencernaan karena banyak mengandung serat;
  3. Membantu program diet;
  4. Mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh;
  5. Membuat kulit bersih bercahaya dan kondisi tubuh tetap sehat.
  6. Menghilangkan bau badan tidak sedap
  7. Obat anti aging (obat awet muda)
  8. Menyembuhkan luka bakar.

Meski demikian, kunyit yang dibuat menjadi jamu mengandung senyawa kimia yang aktif yang bersifat anti radang, anti bakteri anti inflamasi yang kuat dan penyembuh beberapa penyakit yang disebut sebagai Kurkuminoid.

Kandungan senyawa kimia aktif yang ada didalam kunyit. Diantaranya, Kandungan mineral terdiri  Aluminium, Magnesium, seng, Zat besi, Kalsium, Natrium, Kalium, kobalt,dan bismuth. Mengandung vitamin C dan A yang sangat berperan besar dalam kesehatan jaringan kulit dan jaringan mata. Kandungan minyak atsiri  berkisar 2 sampai 5 persen, terdiri dari Fenilpropana turmeron, betaturmenon, aril kurmen, Zingberin dan kurlon kurkumol. Zat Dammar, Glukosa, fruktosa dan zat aktif dari senyawa arabinusa. Kandungan senyawa dari diari heptanoid berkisar 3 sampai 4 persen, terdiri dari dihidro kurkumin, Curcumin, bisdesmetok  sirkukumin.

Meski demikian, terlepas dari manfaat jamu kunyit asam tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan atau setiap hari. Bahkan, dikutip dari beberapa dokter gizi dalam situs bimbingan.org, mengonsumsi jamu secara berlebihan akan mempengaruhi pencernaan. Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda, ladies semua untuk mengonsumsi kunyit asam sesuai kebutuhan saja agar tidak mendapati efek samping yang memungkinkan hal yang tidak diinginkan. Jadi, tetapkan mengkonsumsi sesuai aturan.  (Vem/Yen)