Dinas Perijinan Ragu Beberkan Jumlah Data Toko Modern Berjaringan

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Kepala Bidang Pelayanan perizinan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Subowo Kuncoro masih ragu memberikan data jumlah toko modern berjaringan sampai dengan tahun 2016. Menurutnya, harus ijin Pimpinan untuk memberikan Informasi jumlah data Toko Modern berjaringan keseluruhan.

“Saya harus ijin pimpinan dulu, saya tidak berani takut disalahkan,” kata Kuncoro, Kamis (13/4).

Data yang diperoleh dari sumber kuat tim Koordinasi Daerah pada tahun 2013, jumlah keseluruhan di Kabupaten Bondowoso ada 50 toko Modern berjaringan tersebar di 10 titik Pasar Tradisional. Diantaranya, Alfamart ada 9 titik, Sidogiri ada 2 titik, Indomaret 39 titik. Satu diantarnya tutup di Desa Cermee Kecamatan Cermee.

Dari keseluruhan titik toko modern berjaringan, 50% jarak toko modern berjaringan berdempetan dan kurang dari 1000 meter dengan pasar tradisional. Selain itu, 30% jarak antara toko modern berjaringan satu dengan yang lainnya kurang dari 1000 (seribu) meter. Hal itu, tidak sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No. 3 tahun 2012 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaaan dan Toko Modern.

Sesuai dengan Perda, Jarak Pusat perbelanjaan Toko Modern berjaringan dengan Pasar Tradisional paling dekat 1.000 meter. Untuk area dalam kota dan di wilayah kecamatan di luar area dalam kota. (Shodiq)