Mahfud: 34 Orang Lolos Seleksi Awal Penasihat KPK

RadarOnline.id, JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mahfud MD mengatakan, ada 34 orang telah memenuhi syarat kualitatif untuk mengisi posisi penasihat KPK. Rencananya, ke-34 orang ini akan melakukan serangkaian tes lanjutan untuk dapat menempati posisi tersebut.

“Dari 3.264 yang daftar diseleksi hanya 34 orang yang diuji lebih lanjut dan memenuhi syarat kualitatif nanti Senin (6/3) diumumkan,” kata Mahfud MD, seperti dikutip Antara, Jumat (3/3).

Dari ke 34 orang yang lolos nantinya akan diuji tes tertulis dengan membuat paper masing-masing di rumah dan KPK, dan dilanjutkan dengan wawancara. Setelah itu, pansel akan memilih delapan orang yang lolos.

“Kemudian, ke-8 orang nama yang lolos tersebut akan diserahkan terlebih dahulu ke pimpinan KPK. Dan hanya empat orang yang akan dipilih,” jelasnya.

Tak hanya itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi mengungkapkan bahwa latar belakang dari peserta yang lolos memiliki latarbelakang bervariasi, mulai dari sektor hukum, keuangan, perbankan, hingga teknologi informasi. Meski demikian, ia enggan membeberkan nama-nama yang lolos syarat kualitatif tersebut.

“Kalau yang dikenal masyarakat tidak banyak, nanti saja pengumumannya hari Senin,” tegas Mahfud.

Untuk diketahui, jabatan penasihat KPK sudah kosong selama hampir dua tahun setelah posisi penasehat diisi oleh Suwarsono yang mundur pada April 2015.

Sebagaimana tertuang dalam UU No 30 tahun 2002 tentang KPK, penasihat KPK terdiri dari empat orang. Dalam pasal 22 ayat 4 disebutkan calon anggota Tim Penasihat diumumkan terlebih dahulu kepada masyarakat untuk mendapat tanggapan sebelum ditunjuk dan diangkat oleh KPK berdasarkan calon yang diusulkan oleh panitia seleksi pemilihan. (Tim)