Relawan DAG Gelar Bhakti Sosial

0
5

RadarOnline.id, JAKARTA – Relawan dari Demi Anak Generasi (DAG) menggelar kegiatan bhakti sosial (baksos) berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan bagi-bagi obat serta vitamin kepada warga korban banjir di sejumlah wilayah DKI Jakarta.

Kepala RT 004/RW 002 Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Sanusi menyambut baik diadakannya kegiatan baksos relawan DAG bagi warga korban banjir.

Ia lantas berharap agar kegiatan baksos relawan ini dapat juga dilakukan kepada warga lainnya di beberapa lokasi banjir di wilayah Ciracas.

“Baksos pemeriksaan kesehatan oleh relawan seperti ini bagus sekali, tapi kalau boleh diadakan juga baksos untuk warga di lokasi lainnya di sekitar bantaran kali di Ciracas ini,” ujar Sanusi di Posko Baksos Relawan DAG di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, kemarin.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda setempat, Ali Wara mengaku senang dengan adanya kegiatan baksos bagi korban banjir di wilayahnya tersebut.

Dia memuji kerja relawan yang secara suka rela dan tanpa pamrih yang terus melayani kesehatan warga korban banjir yang hadir beramai-ramai mendatangi posko baksos tersebut.

“Di sini (banjir) bisa mencapai satu meter, karena masih banyak pemukiman warga yang tinggalnya berdekatan dengan bantaran kali di sini,” ujar Ali mengisahkan.

Secara terpisah, Eman selaku koordinator baksos relawan DAG di Cakung Barat, Jakarta Timur, mengatakan kerja relawan DAG bergotong royong untuk membantu para korban banjir melalui baksos pemeriksaan kesehatan gratis.

“Kita melayani setiap warga korban banjir tanpa pandang bulu, karena kita terpanggil melayani dengan sepenuh hati kepada warga korban banjir di Pulogebang dan Cakung Barat,” ujar Eman.

Eman menambahkan, relawan DAG selama musim hujan ini fokus melayani kesehatan masyarakat yang terkena banjir sebelum bantuan pemerintah datang.

Ia mengaku, kegiatan baksos relawan ini jauh lebih dibutuhkan oleh masyarakat daripada kerja relawan melakukan sosialisasi kegiatan-kegiatan lainnya.

“Mengatasi persoalan kesehatan masyarakat akibat banjir seperti batuk, pilek, diare, dan radang tenggorokan seperti itu merupakan panggilan hati segenap relawan DAG untuk membantu warga di sejumlah lokasi banjir di Jakarta,” pungkas Eman.

Berdasarkan pantauan awak media, sejak terjadinya banjir di berbagai lokasi di Ibu Kota Jakarta tampak para relawan turut membantu warga korban banjir. Relawan ada yang terjun langsung dalam mengevakuasi warga, membagikan sembako dan pangan serta melakukan kegiatan baksos pemeriksaan kesehatan.

Berdasarkan data Badan Nasional Penangggulan Bencana (BNPB), hujan yang mengguyur Jakarta sejak Senin malam (20/2) telah menyebabkan banjir di sebanyak 51 lokasi dengan rincian di Jakarta Selatan (11), Jakarta Timur (29), dan Jakarta Utara (11). Ketinggian air di beberapa titik banjir mencapai 20 hingga 150 sentimeter. (Ranto Manullang)

Sumber : Edo Panjaitan