Danramil Peduli Keluhan Petani

RadarOnline.id, BATUBARA – Danramil 03/Lima Pulu Kapten Inf Zulfan mengutarakan, Para petani di desa sekarang ini mengeluhkan mengenai hasil panen padi yang terus menurun dari tahun ke tahun.

“Lahan sawah yang luas hanya mampu menghasilkan satu karung padi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti iklim atau cuaca ekstrim, kekeringan panjang, munculnya hama penyakit keong mas, burung, belalang, hama tikus, benih padi yang tidak unggul,” ungkap Danramil pada saat Bintara Pembina Desa Koramil 03/Lima Pulu Serma Srianto Kodim 0208/Asahan melaksanakan pendampingan terhadap Anggota Kelompok Tani Rahayu di Desa Lubuk Besar Kecamatan Lima Pulu Kabupaten Batu Bara, Selasa (21/2).

Lahan sawah yang luas cuma menghasilkan panen padi enam kwintal. Kita harus melihat negara Jepang yang menggunakan cara bertani padi yang modern agar hasil melimpah. Padahal pada tahun sebelumnya selalu melebihi satu ton.

Lebih lanjut, Danramil menegaskan, kunci sukses agar panen padi melimpah adalah meningkatkan kesuburan tanah melalui berbagai cara. Seperti penaburan pupuk organic.

“Dengan membiarkan lahan sawah tidak ditanami apapun selama satu musim panen. Pada masa menganggur itu, lahan sawahnya ditaburi pupuk organik. Dengan cara ampuh ini terbukti lahan sawahnya meningkat tingkat kesuburan tanah. Sehingga hasil panen padi selalu melimpah,” imbau Danramil. (John Sihombing)

NO COMMENTS