Syamsul: Gubsu Harus Siapkan Pengganti Sekda

RadarOnline.id, MEDAN – Wakil Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD-SU) H. Syamsul Qodri Marpaung, Lc meminta Gubsu HT Erry Nuradi segera memproses calon pengganti Sekda Provsu Hasban Ritonga yang diperkirakan memasuki pensiun pada April 2017.

Proses tersebut diyakini urgen sebab selama ini kerap terlambat sehingga jumlah Pelaksana Tugas (Plt) semankin melonjak yang kapasitasnya terbatas, katanya saat diwawancarai wartawan, Jumat (17/2).

Syamsul Qodri berkeyakinan, Gubsu selaku pimpinan pemerintahan patut memproses dan mempersiapkan dari sekarang agar saat Sekda pensiun dan penggantinya definitif.

“Nanti jangan ada alasan jabatan masih kosong lalu ditunjuk Plt yang sangat terbatas otoritasnya,” tegas Syamsul.

Politisi PKS menerangkan, saat ini Pemprovsu memiliki banyak jabatan kosong di SKPD dan banyak yang menmpati posisi Plt.

Artinya, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah di ingatkannya jangan jadi dalih justivikasi untuk tidak mempersiapkan pejabat esselon II, ucap Samsul.

“Untuk saat ini, ada beberapa SKPD Provsu yang tidak pensiun atau tidak berhalangan tetap diganti dengan Plt. Ada apa ? Seandainya kelak Plt Dinkes Sumut dan Plt Kepala inpektorat Sumut defenitif, berarti hasil lelang jabatan yang diumumkan kemarin terkesan tidak serius (main-main,Red),” pintanya.

Bagi legislator asal Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut V Kab Asahan, Kab Batubara dan Kota Tanjung Balai ini, ironis sekali rasanya bila proses lelang jabatan kerap dinilai masyarakat sebatas ajang formalitas dan pembusukan budaya, terang Samsul.

Apalagi, aroma lelang jabatan tidak serius akan semakin sulit diingkari kebenarannya tatkala pejabat Sumut esselon II yang menempati posisi Plt sengaja “diimpor” dari daerah tertentu untuk duduk di lembaga Bappeda, Inspektorat, Keuangan dan Dispenda, tegas Samsul

Wakil rakyat membidangi hukum/pemerintahan itu lagi rezim berkuasa di Provinsi Sumut seyogianya Partai Hanura dan PKS.

“Makanya tolong persiapkan proses pengganti Sekda dengan calon tepat sesuai hasil lelang jabatan. Setahu saya, kan telah dioloskan 21 nama sesuai surat pengumuman Pansel lelang jabatan pada 6 dan 14 Februari 2017,” tutup Syamsul Qodri Marpaung. (Ranto Manullang)