KPU Tetapkan Aturan Baru Debat Cagub

RadarOnline.id, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar Debat Calon Gubernur (Cagub) DKI 2017 ketiga pada Jumat (10/2) malam ini. Dalam Debat Cagub DKI 2017 ketiga ini, ada sejumlah perubahan aturan yang dibuat oleh KPU, salah satunya terkait jumlah pendukung yang boleh hadir di Hotel Bidakara, Jakarta.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Dahlia Umar, mengatakan pada Debat Cagub DKI 2017 Ketiga ini pendukung dari masing-masing pasangan calon (Paslon) hanya dapat hadir 100 orang, seperti halnya pada debat pertama.

“Jadi nanti pendukung hanya 100 orang, seperti debat pertama. Di debat pertama 100, debat kedua 120 orang,” kata Dahlia, di Kantor KPUD DKI Jakarta, Kamis (9/2).

Menurut Dahlia, hal ini berkaitan dengan ketenangan untuk para paslon maupun moderator saat acara Debat Cagub DKI 2017 berlangsung.

“Dari evaluasi kami, terjadi keriuhan yang sedikit ekstrem karena faktor di mana tidak mudah mengatur pendukung untuk tetap tenang,” jelas Dahlia.

Dahlia menyayangkan ulah para pendukung paslon yang tidak bisa bersikap tenang saat debat cagub DKI berlangsung. Oleh sebab itu, meski nanti ditetapkan hanya 100 pendukung dari tiap-tiap paslon, ia tetap berharap para pendukung bisa bertanggung jawab untuk tidak menggangu jalannya Debat Cagub DKI 2017 malam nanti.

“Tidak boleh, kalau paslon sedang menjawab enggak boleh ada celetukan,” tandasnya.  (Tim)

NO COMMENTS