FRI Gelar Pameran Indonesia International Education

RadarOnline.id, JAKARTA – Forum Rektor Indonesia (FRI) akan mengadakan pameran  Indonesia International Education dan Training Expo ke 26 Tahun 2017 bersamaan dengan acara Konferensi Forum Rektor Indonesia 2017 juga Konvensi Kampus XIII dan Temu Tahunan XIX Forum Rektor Indonesia yang akan diselenggarakan tanggal 2 – 5 Februari 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) dan Hotel Sultan Jakarta dengan tema ” Mewujudkan Amanat Konstitusi Pendidikan Nasional.”

Acara ini rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo pada tanggal 2 Februari 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta dan dilanjutkan dengan acara kunjungan ke Stand Pameran.

Sidang Pleno Pertama dan kedua kemudian dilanjutkan sidang komisi yang diadakan di Hotel Sultan Jakarta

“Membangun bangsa adalah membangun sumber daya manusia yang kuat,” ujar Ketua FRI 2016 Prof.Dr. Rohmat Wahab, MPd, MA dalam koferensi Pers FRI, Rabu (18/1) di UHAMKA.

Rektor Trilogi Prof. Dr.Asep Saefuddin, MSc. mengatakan bahwa sebenarnya anggaran pendidikan yang semula dialokasikan 20 persen untuk kegiatan operasional itu tidak terjadi hanya sekitar 5 persen saja untuk operasional.

“FRI akan mencoba mengigatkan pemerintah bahwa sumber daya manusia Indonesia ini masih jauh ketinggalan jadi harus ada sistem pendidikan yang benar,” kata Asep Saefuddin.

Rektor UHAMKA – Prof.Dr.H.Suyatno, M.Pd. yang juga ketua penyelenggara konferensi FRI 2017 mengatakan Pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemeritah saja tapi juga masyarakat oleh karena itu peran serta masyarakat jangan dihentikan dan Regulasi Pemerintah terhadap Pendidikan harus dibenahi. Pelaku industri juga harus ikut serta berperan dalam peningkatan pendidikan di Indonesia.

Sidang Komisi yang akan diadakan dalam Koferensi FRI dibagi menjadi 5 komisi,

Komisi I : ” Peranan Haluan Negara dalam perencanaan Pembangunan Nasional” pembicara Prof.Dr. Ravik Karsidi, MS.

Komisi II : ” Penguatan Karakter dan Nilai -Nilai Budaya Bangsa” pembicara Prof.Dr. Mudjia Rahardjo, MSi.

Komisi III : ” Revitalisasi Pembangunan Kementrian dan Sumber Daya Laut” pembicara Prof.Niki Lukviarman, SE, Akt,  MBA.

Komisi IV : “Implementasi Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Industri dan Pemerintah juga Masyarakat(Quardruple Helix)” pembicara Prof.Dr. Asep Saefuddin, Msc.

Komisi V : ” Revitalisasi Sistem Ekonomi dan Demokrasi Pancasila” pembicara Prof.Dr.Edy S. Hamid, MEc.

Pada tanggal 3 Februari 2017 juga akan diadakan kunjugan ke kampus seperti Universitas Binus, Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia, Universitas Negri Jakarta, Universitas Trilogi dan Universitas Uhamka. (Edison Munthe)