Lantamal VI Gelar Upacara Hari Dharma Samudera


RadarOnline.id, MAKASSAR – Untuk mengingat kembali betapa heroiknya pertempuran di laut Aru, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar menggelar upacara pengibaran bendera di lapangan Apel Mako Lantamal VI, Minggu 15 Januari.

55 tahun yang silam, tepatnya tanggal 15 Januari 1962 telah terjadi pertempuran di Laut Aru, RI Macan Tutul beserta seluruh Anak Buah Kapal, dan Komodor Yos Sudarso selaku  Senior Officer Onboard, tertembak kapal perang Belanda dan tenggelam. Mereka merupakan ksatria laut yang gagah berani dan telah berjuang penuh pengorbanan dan gugur ditengah-tengah gemuruh gelombang laut Aru sebagai Pahlawan Kusuma Bangsa.

Dalam Amanat Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi S.E yang di bacakan Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman M.Tr (Han) mengatakan pelaksanaan upacara peringatan Hari Dharma Samudra untuk mengenang heroisme perjuangan pertempuran laut di perairan Pulau Aru, 55 tahun silam.

“Para pahlawan laut Aru telah memberi teladan sejati pada kita. Dengan sikap ksatria dan rela berkorban, mereka menunjukkan bahwa bangsa Indonesia tidak gentar terhadap musuh dalam mempertahankan wilayah Republik Indonesia,” kata Kolonel Marinir Rasman M.Tr (Han).

Lebih lanjut peringatan ini hendaknya dijadikan momentum untuk membangktkan kembali tekad untuk semangat dan tegar menghadapi tantangan.

Diakhir amanatnya Kasal menekankan kepada semua Prajurit TNI AL untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta Tri Sila TNI AL yang merupakan warisan pendahulu kita

Upacara yang berjalan khidmat ini di hadiri Walikota Makassar, Para Asisten, Kadis/Kasatker Lantamal VI, perwakilan SKPD Sulsel dan pengurus Korcab VI Jalasenastri Armatim. (Bachtiar Barisallang)

NO COMMENTS