15 Km Akses Jalan Hutabayu Rusak Parah

0
19

RadarOnline.id, SIMALUNGUN – Akses jalan menuju Kecamatan Huta Bayu Raya, Kabupaten Simalungun diperkirakan sepanjang 15 kilo meter rusak parah. Di lokasi Jumat (13/1) pagi, tampak kondisi jalan di Desa Panambeian sampai Simpang Silakkidir sangat rusak untuk dilalui kendaraan bermotor. Apalagi kalau musim hujan, jalan tergenang air ibarat kubangan di jalan utama.

Masyarakat menilai ketidak kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menimbulkan rasa kecewa, sehingga berbagai cara untuk mempublikasikan di media sosial (medsos) kondisi jalan rusak di wilayah tempat tinggalnya.

Menurut Toni Siallagan (40), banyak masyarakat membagikan tentang kondisi jalan rusak sebagai sikap protes kepada Pemkab Simalungun. Begitu juga dengan tidak adanya sikap dari pihak Kecamatan Huta Bayu Raja untuk memperbaiki atau menggiring perbaikan jalan.

“Kondisi jalan rusak sangat mempengaruhi tingkat pendapatan (ekonomi) masyarakat, karena jalan merupakan kebutuhan yang sangatlah penting untuk kita sebagai manusia yang melakukan aktivitas, jalan adalah akses menuju tempat yang kita inginkan,” ucap Toni.

Rasa kecewa ini juga terlihat pada akun facebook yang di upload Toni Siallagan, kekecewaanya terhadap pemerintah Kabupaten Simalungun sehingga selama 10 tahun akses jalan umum tidak pernah diperbaiki.

“Kita bukan untuk menghujat siapapun, kita masyarakat hutabayu raja hanya ingin kerinduan akan pembangunan jalan dan infrastuktur yang baik dan bermanfaat bagi ekonomi kerakyatan. Mari  generasi muda hutabayu raja rapatkan barisan sisihkan lengan bajumu untuk simalungun yang lebih baik dan bermartabat serta beradab jangan menunggu dengan kata indah pada waktunya” papar Toni di akun facebooknya, Rabu (11/1).

Siapapun yang melintas jalan rusak pasti akan bersikap kesal, jarak waktu tempuh dalam perjalanan bertambah. Kondisi jalan berlubang serta berbatu, membuat supir angkutan dan pengendara sepeda motor menjadi pelan-pelan serta berhati-hati, kata Toni.

“Toni berharap, Pemerintah Pusat segera turun tangan untuk dapat memperbaiki jalan rusak di wilayah Kecamatan Huta Bayu Raja,” ucapnya. (Tim)