Pemkab Beltim Fasilitasi Penandatanganan MoU

RadarOnline.id, MANGGAR – Yuslie Ihza selaku Bupati Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, terus menindaklanjuti rencana pengembangan pembangunan Bengkel Perbaikan Kapal (DOK) di lokasi PT Galangan Manggar Billiton (GMB) Lipat Kajang, Desa Baru Manggar. Rencananya, minggu depan Pemkab Beltim akan memfasilitasi penandatanganan kerjasama antara pihak PT DOK perkapalan air kantung Bangka (DAK) dengan pihak PT GMB.

Selain itu, Pemkab Beltim juga berkomitmen mempermudah proses perizinan serta membantu biaya pengerukkan alur jalur kapal.

Bupati Beltim seusai rapat pertemuan dengan Direktur PT DAK, Yono Karyono, Pimpinan PT GMB, Ruslih serta Direktur Operasional PT Timah, Rizky dan Kepala Unit PT Timah, Sigit Prabowo menyepakati pelaksanaan pembangunan seusai penandatangan dan proses perizinan selesai, Rabu (11/1).

Yuslih akui sangat senang dengan realisasi dan kerjasama ini. Pasalnya, Pemkab Beltim sendiri sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 milyar untuk pengerukkan alur sungai yang dangkal biar lebih dalam guna memperlancar akses keluar masuknya kapal ke galangan.

Selain bermanfaat bagi kepentingan keluar masuk bagi kapal nelayan pengerukkan ini atas permintaan dari PT DAK dan PT GMB.

“Dana yang dianggarkan Rp 20 milyar untuk segera dilakukan pengerukkan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perhubungan. Jika tidak dikerjakan sampai bulan April 2017, dana sebesar Rp 20 milyar akan diambil daerah lain,” ungkap Yuslih.

Untuk pelaksanaan rencana kerja awal, PT DAK sendiri akan melakukan perbaikan fasilitas galangan, pengadaan listrik dan peralatan. (Junaidi Rasyid)