2.000 Polisi Jaga Sidang Kelima Ahok

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

RadarOnline.id, JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Utara kembali menggelar sidang ke lima kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Selasa (10/1) di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Guna mengamankan jalannya sidang, pihak kepolisian dari Polres Jakarta Selatan menurunkan lebih dari 2.000 personel.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Iwan Kurniawan mengungkapkan, 2.000 personel yang bertugas akan dibagi menjadi empat ring pengamanan, yakni ruangan sidang, pelataran gedung Kementan, luar gedung Kementan, dan sekitaran gedung Kementan.

“Jumlah personel yang kami kerahkan di sidang yang kelima ini, masih sama jumlahnya seperti sidang sebelumnya, sekitar 2.000 lebih yang insert di lapangan,” kata Iwan di Kantor Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (10/1).

Banyaknya aparat kepolisian yang berjaga guna mengantisipasi adanya ancaman yang mungkin terjadi saat sidang sedang berlangsung, baik dalam skala kecil maupun besar, seperti kemungkinan adanya teror.

“Pengerahan anggota pun untuk mengantisipasi terjadinya hal tak diinginkan, seperti bentrok (antarmassa pendemo) di sidang nanti,” jelas Iwan.

Iwan menambahkan, pengamanan ini juga berupaya membuat kondisi lokasi sidang tetap kondusif. Mengingat ada massa pro dan kontra Basuki atau Ahok yang selalu mengawal rasa jalannya sidangtutupnya.

Sidang kelima dengan agenda mendengarkan keterangan dari 5 saksi pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dimana kasus ini bermula karena pernyataannya Ahok terkait surat Al-Maidah ayat 51 membawanya ke meja hijau dan dijerat Pasal 156 a KUHP tentang penistaan agama. (Rani)

Share.

About Author

Comments are closed.