Messi Selamatkan Barcelona Dari Kekalahan

Barcelona's Argentinian forward Lionel Messi kicks a ball during the UEFA Champions League round of 16 football match FC Barcelona vs Manchester City at the Camp Nou stadium in Barcelona on March 18, 2015. AFP PHOTO / LLUIS GENE

RadarOnline.id, JAKARTA – Juara bertahan La Liga (Spanyol) Barcelona memetik hasil imbang 1-1 dalam lawatannya ke markas Villarreal. Free kick Lionel Messi di menit-menit akhir yang menyelamatkan Los Cules dari kekalahan tuan rumah.

Di laga pekan ke-17 La Liga yang dihelat di El Madrigal, Senin (9/1/2017) dinihari WIB, Barca wajib memenangi pertandingan demi menjaga jarak dengan Real Madrid yang kemarin menang 5-0 atas Granada.

Namun meski memainkan pertandingan awal liga di tahun 2017, Barca turun dengan kekuatan penuh termasuk trio Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar di lini depan. Akan tetapi tidak meraup poin penuh dari lawatan Barca.

Hadirnya tiga bomber tersebut memang merepotkan Villarreal yang praktis hanya mengandalkan serangan balik selama 90 menit pertandingan. Statistik Soccernet mencatat Villarreal cuma bikin lima attempts dengan empat di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara, Barca punya 17 attempts dengan 10 tepat sasaran yang mana membuat kiper Sergio Asenjo bekerja keras. Di menit-menit awal Neymar sudah memaksa Asenjo berjibaku menepis sepakan kerasnya dari jarak dekat.

Villarreal justru unggul duluan di menit ke-50 lewat serangan balik yang digawangi Alexandre Pato. Begitu mendekati kotak penalti, Pato menyodorkan bola ke sisi kanan dan dituntaskan lewat sepakan kaki kanan Nicola Sansone ke tiang jauh gawang Marc-Andre Ter Stegen.

Segala upaya Barca untuk mencetak gol akhirnya berbuah manis di menit ke-89 ketika Messi, yang mendapat free kick tepat di depan kotak penalti, mengarahkan bola ke pojok kanan gawang tanpa bisa dihalau Asenjo.

Namun hingga pluit panjang dibunyikan, tidak ada lagi gol tercipta. Laga pun berakhir imbang dengan skor 1-1. Dengan hanya menambah satu poin, Barca gagal mendekatkan jarak dengan Madrid yang baru bertanding 16 kali. Dengan 35 poin, Barca malah digeser Sevilla (36 poin) ke posisi ketiga dan selisih lima angka dari Los Blancos.

Sementara Villarreal di posisi kelima dengan 30 poin dan gagal menggeser Atletico Madrid (31 poin) di posisi keempat.

Enrique Sesali Hasil Imbang

Semnetara itu, pelatih Barcelona Enrique menyesali hasil yang didapat timnya. “Tim layak untuk mendapatkan hasil lebih, kami layak untuk menang, tapi sepakbola tidak selalu adil, kan?” kata Enrique seperti situs resmi klub.

“Villareal adalah tim yang tak takut untuk mencoba. Mereka mempunyai pemain-pemain berkualitas. Mereka memahami gaya bermain mereka, dengan atau tanpa bola,” tambah pelatih berpasfor Spanyol itu.

“Kami menyadari kesulitan lawan Villareal, tapi kami layak memenangkan pertandingan ini. Tak ada lagi yang bisa saya katakan kepada para pemain saya, kami telah menunjukkan permainan yang oke,” kata Enrique.  (Fem/Rbp)

NO COMMENTS