Pj Wali Kota Pematangsiantar Gelar Open House

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR – Penjabat Walikota Pematangsiantar, Anthony Siahaan, SE, ATD, MT menggelar “Open House Natal” di Rumah Dinasnya, Jalan Kapten MH Sitorus, Siantar Barat, Selasa (27/12).

Pj. Walikota tampak didampingi istri, Ny.Herti M Anthony Siahaan serta seluruh keluarga saat menyambut dan menyalami para tamu yang berdatangan ke rumahnya.

Acara Open House diawali dengan Ibadah Natal, yang dipimpin oleh Pengkhotbah, Pdt.Asal.P.Tambunan,M.Th, Ketua Sinode Gereka Kristen Indonesia (GKI) Sumatera Utara. Dalam Khotbahnya, Pdt Tambunan menceritakan peristiwa kelahiran Yesus, dimana ketika itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.

Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. Lalu kata malaikat itu kepada mereka:

“Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus Tuhan di kota Daud. (Lukas 2:8-11)”.

Pada bagian, lain Pdt.Tambunan juga mengingatkan bahwa Natal bukan sekedar seremonial belaka. Tetapi harus dimaknai sebagai upaya Kristus untuk menyelamatkan umat manusia yang dilandasi cinta kasih dan perdamaian.

“Karena itulah, jika kita telah mengenal Yesus, kita harus mau mengasihi sesama umat dan jangan kikir terhadap sesama. Hiduplah saling berbagai terhadap sesama serta dalam nuansa pembaruan diri serta perilaku yang menjadi semakin baik,” katanya.

Sebelum ibadah, ditandai dengan prosesi penyalaan lilin oleh Pj. Dandim 0207/Simalungun, Ketua Pengadilan Negeri Pematangsiantar, Ketua Badan kerjasama Antar Gereja (BKAG) Pdt.Tendens Simanjuntak, mewakili para pegawai Pemko Pematangsiantar, Plt Sekda Ir. Renwad Simanjuntak, Panitia Kabag Umum Dra. Patresia Ruth Marbun, dan Pelayan Firman serta mewakili para jemaat.

Sejak pukul 11.45 WIB ribuan masyarakat dan para pegawai Pemko Pematangsiantar, segenap unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diantaranya Danrem 022/PT Kol.Gabriel Lema beserta jajaran pejabatnya, Kapolres AKBP Dodi Darjanto,MTTA, Kajari M.Masril M.Hum, serta para anggota DPRD tampak berdatangan ke Rumah Dinas guna menyampaikan ucapan Natal dan menjelang Tahun Baru kepada keluarga Pj Walikota.

Saat didaulat memberikan sambutan, Pj.Walikota mengatakan Open House yang dilakukan ini, sebagai upaya untuk mempererat kekeluargaan antara pemerintah dan masyarakat Kota Pematangsiantar, tanpa terkecuali. Menurutnya, Natal tahun ini dengan tahun lalu tidak ada yang berbeda, kecuali suasananya. Sedangkan hikmah Natal tetap sama, yakni kabar keselamatan, karena ajaran Kristiani mengajarkan cinta kasih kepada semua mahkluk.

“Cinta kasih kepada lingkungan, kepada masyarakat dan kepada semua umat jadi cinta kasih tidak hanya sebatas kepada sesama umat namun semua yang ada di dunia ini,” katanya.

Pj.Walikota juga mengaku sangat terharu atas kedatangan berbagai elemen masyarakat secara kelembagaan, kelompok maupun perorangan yang datang menghadiri acara “Open House Natal” tersebut.

“Kiranya melalui Open House Natal tahun ini terjalan rasa kekeluargaan dan kesetiaan antar sesama umat melalui tema ini

“Damai Untuk Semua dan sub tema Damai Natal Menuju Siantar Mantap Maju dan Jaya,” katanya.

Selain Pj Walikota, turut menyampaikan sambutan adalah pelayan firman, Pdt.Asal Tambunan serta mewakili pegawai Pemko Pematangsiantar, Pj Walikota mengharapkan bukan dari pimpinan SKPD, tetapi dipercayakan kepada Nancy Silitonga, staf di Badan Kepegawaian.

Acara dilanjutkan dengan makan bersama sekaligus ramah tamah yang diiringi dengan lantunan lagu – lagu oleh para artis yang dipandu Arlen Tobing, yang membuat susana acara semakin meriah, teduh dan hikmat. Apalagi berbagai jenis makanan tersedia untuk dicicipi para tamu dan undangan. (John Sihombing)

NO COMMENTS