Dinas Pertanian Tinjau Hasil Hortikultura

0
4

RadarOnline.id, BONDOWOSO – Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Pertanian Karna Suswandi didampingi Ayib, Kabid Hortikultura melakukan Peninjauan terhadap hasil Pertanian Hortikultura. Peninjauan dilakukan di tiga Lokasi di Kecamatan Tenggarang, Selasa (6/12).

Lokasi Peninjauan diantaranya adalah Desa Koncer Kidul, Pekalangan dan Desa Kesemek. Dari tiga desa, Hasil Pertanian Hortikultura yang dikelola oleh kelompok diantaranya tanaman cabe, melon, tomat dan labu putih.

Kelompok yang didatangi Dinas Pertanian merupakan kelompok yang menerima bantuan bibit dan pupuk dari Dinas Pertanian.

“Ada tiga kelompok yang kami datangi tadi, ketiga lokasi yang kami kunjungi merupakan pengembangan Pertanian Hortikultura,” kata Karna Suswandi, saat ditemui dikantor Dinas Pertanian seusai kunjungan.

Saat ini, hasil Pertanian Hortikultura yang paling banyak diminati adalah cabe. Harga cabe di petani mencapai 30 ribu rupiah perkilogram. Menurut Karna, dalam satu Hektar lahan yang ditanami cabe bisa mencapai dua Kuwintal perpanen. Dalam satu kali tanam, Petani  melakukan panen 15 sampai dengan 16 panen. Tergantung dari perawatan terhadap tanaman yang proses panen dilakukan satu minggu sekali.

Karna berharap, Petani bisa memperhatikan pola tanam. Sebab, pola tanam yang salah akan mempengaruhi terhadap hasil yang didapatkan. Karna menghimbau, Petugas dilapangan, dapat  membantu Petani dan melaksakan tugas sebagaimana mestinya. (Shodiq)