Bantuan Kambing Ditengarai Menyimpang

Radaronline.id, BONDOWOSO – Bantuan Kambing oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, ditengarai tidak sesuai dengan spesifikasi. Bantuan tahun anggaran 2016 sebesar Rp 100 juta per-kelompok syarat dengan penyimpangan.

Hasil Investigasi yang dilakukan oleh beberapa lembaga swadaya masyarakat, kambing yang yang diberikan kepada penerima bukan kambing jenis peranakan etawa (PE). Namun kambing yang diterima adalah kambing menggolo dan koplo.

Jenis kambing jantan peranakan etawa memiliki bobot sekitar 90 kg dan jenis betina memiliki bobot sekitar 60 kg. Sedangkan, bantuan yang diterima oleh kelompok adalah jenis kambing menggolo dan koplo, memiliki bobot sekitar 40 kg. Seperti yang diterima kelompok Arridho Desa Pasarejo, Kecamatan Wonosari.

Selain menerima bantuan kambing, kelompok dibuatkan kandang dan diberikan obat-obatan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bondowoso, Dwi Wardana yang dihubungi melalui selulernya menyarankan untuk wawancara dengan Lilik selaku Kepala Bidang Peternakan. Saat ditemui dikantornya, Lilik menyarankan ke Kasi Peternakan. Namun contak person Kasi (08131559xxxx) yang diberikan staf tidak aktif saat dihubungi.  (Shodiq)