Danrem 022/PT Apresiasi Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

RadarOnline, PEMATANGSIANTAR – Korem 022/PT gelar acara Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dengan menghadirkan Martin Hutabarat sebagai nara sumber dilaksanakan di Restoran Internasional Jalan Gereja Pematangsiantar, Jumat (11/11/2016).

Danrem 022/PT, Kolonel Gabriel Lema,S.Sos dalam sambutannya yang dibacakan Kasrem, Letkol Baginta Bangun, SIP menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Sosialisasi Wawasan kebangsaan ini yang tidak lain bertujuan untuk lebih meningkatkan dan menggugah kembali rasa nasionalisme, cinta tanah air, setia kepada Pancasila dan UUD 1945 serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kesadaran kebangsaan merupakan kondisi yang amat dinamis yang perlu dikembangkan dan didukung oleh institusi politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan keamanan yang mantap.

Acara diisi nara sumber oleh Martin Hutabarat yang merupakan Pimpinan Badan Pengkajian Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang juga merupakan Anggota Badan Legislasi dan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi Gerindra dan Kasi Teritorial, Letkol Drs Joko Supriyanto sebagai Pembicara.

Martin Hutabarat dalam makalahnya bertopik “Pancasila, Menjaga dan Merekatkan NKRI” mengajak para peserta untuk melihat kembali perjalanan sejarah bangsa Indonesia yang telah beragam dan penuh perbedaan sejak dari zaman dulu.

Menurutnya, hal ini merupakan persoalan kompleks yang harus dikelola dengan baik dengan alat perekatnya adalah Pancasila.

Pancasila telah memastikan bahwa pembangunan dan modernisasi Indonesia bisa berjalan karena adanya kerjasama dari semua elemen bangsa yang beragam.

Sebelumnya, Letkol Joko Supriyanto juga memaparkan tentang pentingnya menjaga kebhinnekaan Indonesia, karena merupakan aset bangsa dan sekaligus kekuatan bangsa. Terkikisnya penghargaan terhadap kebhinnekaan dan kedamaian akan berpotensi menimbulkan ancaman atas persatuan dan kesatuan bangsa.

” Perbedaan etnis, religi maupun ideologi harus tetap menjadi kekayaan bangsa Indonesia. Dengan Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi yang menjadi perekat persatuan, kita akan dapat membangun bangsa Indonesia. Kedamaian ada ketika kita mau menerima perbedaan,” kata Joko Supriyanto dengan semangat.

Penjabat Walikota, Anthony Siahaan SE,ATD,MT diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Leonardo Simanjuntak, SH, M.Hum sangat mengapresiasi kegiatan yang sangat penting bagi pembangunan karakter bangsa ini.

“ Apalagi kami melihat peserta yang hadir pada kesempatan ini, juga ada dari kalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar SMA, yang merupakan generasi bangsa ke depan.

Kami juga mengucapkan selamat datang kepada Bapak Martin Hutabarat, anggora DR/MPR-RI di Kota Pematangsiantar. Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan sekaligus nasionalisme kita semua terutama para generasi muda kita ini,” kata Leonardo.

Acara Sosialisasi tampak dihadiri perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) diantaranya Wakapolres Pematangsiantar, Kompol Wiamin dan para pejabat teras jajaran Korem 022/PT, Rindam I/BB serta Kodim 0207 Simalungun serta ratusan pesertanya adalah perwakilan prajurit TNI/Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Kepemudaan, Mahasiswa, Pramuka serta pelajar SMA/SMK. (John Sihombing)