Wali Kota Depok Launching Program Ketuk Pintu

RadarOnline.id, DEPOK – Walikota Depok, Mohammad Idris  melaunching program Ketuk Pintu. Program ini mengajak masyarakat di rumah-rumah untuk memilah sampah dan mengolahnya.

“ Ini upaya kami untuk melibatkan masyarakat dalam program kebersihan kota,”  ujar Idris didampingi Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

Dia menjelaskan, produksi sampah di Depok 1.200 per hari. Dari jumlah itu baru 62 persen yang bisa ditampung di TPA Cipayung. Sumber sampah terbesar berasal dari rumah tangga

“ Karena itu kami ingin melibatkan masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah dan mengolahnya,” jelas Idris.

Idris berharap masyarakat masyarakat mengembangkan bank sampah. Sampai saat ini bank sampah di Depok sudah lebih dari 500.

“ Jumlah bank sampah di Depok jauh lebih banyak dari kota lain,” imbuhnya.

Idris menambahkan, dengan adanya program Ketuk Pintu diharapkan Kota Depok bisa menjadi percontohan bagi kota lain.

Wali Kota Depok berharap semua unsur masyarakat baik di perumahan, pertokoan dan perkantoran dapat berkontribusi dan mengimplementasikan program tersebut.

“Artinya, semua masyarakat, ASN dan komunitas lingkungan hidup harus bisa menjadi contoh dengan memulai dari diri sendiri,” ujar orang nomor satu di Kota Depok itu.

Sementara Kania Paraswati selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), Kota Depok membenarkan, bahwa gerakan Ketuk Pintu itu akan diteruskan sampai ke RT dan RW.

“ Jadi nantinya diacara launching hadir para lurah dan kepala OPD. Diharapkan lurah bisa meneruskan sampai ke RT dan RW, sehingga ini menjadi gerakan masyarakat secara luas,” ujarnya.  (Maulana Said)

NO COMMENTS