Kapal Perang Australia Sandar di Dermaga Lantamal VI

0
13

RadarOnline.id, MAKASSAR- Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar  menyambut Kapal Perang Australia HMAS Yarra (IV) yang sandar di dermaga pelabuhan peti kemas Hatta Makassar. Kapal perang yang dikomandani oleh Lieutenant commander Jason Mcbain ini, sebelumnya berlayar dari Malaysia ke Makassar bertujuan  melaksanakan bekal ulang logistik dan rekreasi.

Kedatangan Kapal perang Australia, Rabu 26 Oktober 2016 kemarin pagi tersebut disambut oleh para Prajurit Lantamal VI dengan jajar kehormatan  diiringi dengan musik dari Satuan Musik (Satsik) Lantamal VI. Pada kesempatan penyambutan ini Lantamal VI juga, mempromosikan tarian  adat khas Sulsel Tari Paddupa dan paraga serta pengalungan bunga kepada Komandan Kapal HMAS Yarra.

” Kapal perang ini rencana akan sandar selama 4 hari mulai dari tanggal  26 hingga 29 Oktober 2016 dan akan melaksanakan kunjungan kehormatan ke Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M., dan Walikota Makassar serta melaksanakan berbagai kegiatan rekreasi diantaranya kunjungan ke Benteng Roterdam dan objek wisata lainnya di kota Makassar,” Kata Letkol Marinir yosafat R.H. mewakili Danlantamal VI selaku Panitia Penyambutan Kapal Perang Australia tersebut.

” Selama berlabuh di Makassar, Kapal Perang Hmas Yarra juga menggelar Open Ship terbatas”, lanjut letkol Marinir Yosafat.

Diketahui Kapal ini dapat mengidentifikasi dan menetralisir ranjau serta dilengkapi kamera sonar sorot yang dikendalikan dari ruang kemudi. Kapal ini memiliki panjang 52,5 meter, bobot 720 ton, dan memiliki kecepatan 14 knot.

Selanjutnya, Kapal Perang tersebut akan berlayar kembali pada hari sabtu tanggal 29 Oktober 2016 menuju Darwin Australia.

Hadir dalam penyambutan para Kadis dan Kasatker Lantamal VI serta para undangan lainnya. (Bachtiar Barisallang)