PMJ Ringkus Sindikat Pengoplos Gas Elpiji Tabung 12 Kg Di Hutan Karet Bogor

RadarOnline.id, BOGOR – Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengungkap sindikat pengoplos gas elpiji tabung 12 kg yang dicampur dengan air. Penggerebekan dilakukan di hutan karet daerah Rumpin, Kabupaten Bogor, Rabu (19/10/2016) sekitar pukul 15.00 WIB.

Kasubdit Jatanras Ditkrimum Polda Metro Jaya, AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan, bahwa penggerebekan ini hasil dari informasi masyarakat Wilayah Depok dan Tangerang yang resah dengan beredarnya gas elpiji ukuran 12 kg yang bercampur dengan air.

“ Kemudian tim melakukan penyelidikan dan dapat informasi dari masyarakat bahwa di daerah Serpong tiap hari banyak mobil bermuatan elpiji dari Jakarta ke arah hutan perbatasan Tangsel dan Bogor,”tutur Hendy.

Menurutnya, sindikat ini nekat mengoplos gas 3 kg (tabung melon) ke tabung 12 kg dan 50 kg. Diduga karena disparitas harga yang sangat mencolok antara elpiji tabung melon yang bersubsidi dengan tabung 12 kg yang non-subsidi. Karena kelangkaan tabung itu sendiri, sehingga pelaku menyuntikkan air ke dalamnya.

Dari hasil penyelidikan tersebut, tim mengamankan lima mobil pick up yang bermuatan gas 3 kg di Jalan Raya Serpong.

“ Setelah kami telusuri, kami mendapatkan lokasi tempat oplosan di hutan karet di daerah Rumpin, Bogor,” imbuhnya.

Dalam penggerebekan itu polisi mengamankan 24 orang pelaku. 2 orang diantaranya merupakan bos sindikat itu.‎ Polisi juga menyita 23 kendaraan pick up; uang Rp 18 juta; alat regulator; satu alat timbangan; ratusan tabung gas 3 kg; ratusan tabung gas 12 kg, dan puluhan tabung gas 50 kg.   ‎(Ade/Juara Simanjuntak)

NO COMMENTS