DPPKA Akui Ada 3 Satker Rendah Serap Anggaran

RadarOnline.id, BONDOWOSO –  Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Dra. Hj. Farida mengungkapkan 3 satuan kerja (Satker) rendah serapan anggaran, yakni Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK), Dinas Kesehatan dan Sekretariatan Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Kabupaten Bondowoso.

Serapan tersebut pertanggal 14 Oktober di bawah 50 persen. Namun, Pertanggal 17 Oktober 2016, persentase serapan sudah mencapai 55 persen dari awal mula dibawah 50 Persen.

“Kemarin serapan anggaran sudah sesuai dengan harapan. Progress kita bulan ini serapan anggaran bisa mencapai diatas 70 persen,” ucap Farida, Selasa (18/10).

“Ini memang program di beberapa Satker belum selesai, baik secara fisik maupun adminstrasi. LS dari pihak ketiga di bangunan itu untuk mengajukan termin terakhir belum selesai. Kami sudah melakukan warning, dan ini hasilnya progress serapan sudah meningkat,” tambah Farida.

Memang target kita untuk mencapai 50 persen di bulan Juli kemaren. Namun ada kendala di Satker, seperti Dinas Kesehatan kendalanya ada pada fasilitas pelayanan kesehatan pertama (FKTP) yang pelaporannya pada akhir bulan, jelas Farida.

Ada tiga opsi menurut Farida sehingga ada keterlambatan dalam menyerap anggaran, yakni Pertama, teknis pengerjaan fisik dilapangan; Kedua, pada pengawasan yang belum dilakukan untuk laporan terakhir ; dan Ketiga, pada penyelesaian administrasi.

Untuk memenuhi target serapan pada akhir tahun, Satker di beberapa SKPD menggenjot pekerjaan.  Sehingga kesan terburu-buru berdampak pada kualitas bangunan.  Seperti salah satu Proyek Pembangunan Pasar Induk oleh Dinas BMCK, indikasi ambruk bangunan dikarenakan menggenjot pekerjaan dan terjadilah kefatalan dampak bangunan belum kering.(Tim)