Marquez Juara Dunia MotoGP 2016

0
57

Meski masih menyisahkan tiga seri lagi, Marquez sudah juara dunia MotGP 2016.

RadarOnline.id, JAKARTA – Seri ke 15 MotoGP akhir pekan kemarin sudah tuntas, dengan pemenangya Marc Marquez. Sehingga dengan menjadi juara di MotoGP Jepang, Marquez pun meraih gelar juara dunia MotoGP 2016 sekaligus yang ketiga di MotoGP. Dia pun menyamai pencapaian Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Hasil tersebut membuat Marquez kini mengoleksi 273 poin. Ia dipastikan tak lagi bisa terkejar oleh Valentino Rossi (196 poin) dan Lorenzo (182) di papan klasemen meskipun masih ada tiga seri tersisa.
Berlangsung di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10/2016) siang WIB kemarin, Marquez melintasi garis finis lebih dulu, diikuti Andrea Dovizioso di posisi kedua dan Maverick Vinales di posisi ketiga. Dua rival terdekatnya di klasemen, Rossi dan Lorenzo (Yamaha), out sebelum balapan selesai.

Dengan demikian, Marquez menjadi juara dunia MotoGP untuk ketiga kalinya. Dua gelar sebelumnya ia sabet pada tahun 2013 dan 2014. Ini membuatnya meraih total lima gelar juara dunia setelah sebelumnya meraih gelar juara dunia di kelas Moto3 dan Moto2.

Rider Repsol Honda itu pun menyamai pencapaian Lorenzo sebagai pebalap asal Spanyol yang sukses menjuarai kelas teratas (MotoGP) sebanyak tiga kali. Untuk Lorenzo, dia menjuarainya pada tahun 2010, 2012, dan 2015.
Namun, jumlah gelar juara keduanya masih kalah dari pebalap Spanyol lainnya, Angel Nieto, yang sudah mengoleksi 13 gelar juara. Bedanya, Nieto tidak pernah menjadi juara di kelas teratas (500cc/MotoGP).

Selain menyamai pencapaian Lorenzo, Marquez juga menyamai torehan sesama rider Honda, Dani Pedrosa. Dengan kemenangan di Motegi tersebut, Marquez meraih 29 kemenangan di kelas primer, sama dengan jumlah kemenangan Pedrosa di kelas tersebut.

Jumlah kemenangan terbanyak di kelas primer masih dipegang oleh Rossi. The Doctor sudah mengoleksi 88 kemenangan sejauh ini dan, mengingat dia belum akan pensiun, masih mungkin untuk menambahnya.

Sementara untuk tiga seri sisa MotoGP tahun ini, Marquez mengatakan akan menjalani balapan dengan lepas. Pemuda Spanyol itu mengatakan akan menjalani balapan dengan gaya lamanya. (Roz/Krs/Rbp)