Tekad Yamaha dan Honda di MotoGP Motegi Jepang

0
12
SEPANG,MALAYSIA,25.OCT.14 - MOTORSPORTS, MOTORBIKE - MotoGP, Grand Prix of Malaysia, Sepang International Circuit. Image shows Marc Marquez (ESP/ Honda). Photo: GEPA pictures/ Gold and Goose/ Gareth Harford - For editorial use only. Image is free of charge.

Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi.

RadarOnline.id, JAKARTA – Jelang seri ke 15 MotoGP akhir pekan ini di Jepang, sejumlah rider bertekat jadi juara, terutama Yamaha dan Honda. Hal itu dikarenakan menjadi balapan kandang sejumlah pabrikan Jepang, termasuk Yamaha dan Honda. Terkait hal tersebut, pembalab Yamha Jorge Lorenzo optimis bias jadi juara

Lorenzo, yang pernah memenangi balapan di sana pada 2013 dan 2014, bersiap menghadapi balapan yang secara beruntun juga akan dilanjutkan dengan seri di Australia dan Malaysia tersebut.

“Kini kami memasuki bagian berbeda dari musim dan mungkin yang paling menarik karena kami menghadapi tiga balapan beruntun dan kesemuanya ada di seberang lautan, jadi tuntutan besar dalam hal fisik dan mental. Di sisi lain ini menjadi petualangan yang menyenangkan setiap kali menjalaninya,” kata Lorenzo di Crash.net.

“Motegi menjadi yang pertama dalam daftar tersebut dan sirkuit ini menghadirkan kenangan-kenangan indah buat saya. Saya senang Jepang dan saya amat menyenangi sirkuit ini karena orang-orang di sini. Buat Yamaha dan para pabrikan Jepang lain, grand prix ini juga penting. Inilah balapan kandang yang sebenarnya!” jelas Lorenzo yang musim depan menjadi pembalab Ducati itu.

Titel kejuaraan dunia MotoGP saat ini kian condong ke arah Marc Marquez dari Repsol Honda. Lorenzo sendiri menempati posisi tiga dengan tertinggal 14 angka dari Valentino Rossi, rekan setimnya yang ada di posisi dua.

“Akhir dari kejuaraan dunia masih cukup jauh sehingga saya harus terus berusaha sebaik mungkin, kompetitif, dan berupaya menang lagi. Akan fantastis jika bisa melakukannya di balapan kandang Yamaha!” ttambahnya.

Yamaha memenangi lima dari tujuh balapan awal MotoGP musim ini, tapi dalam tujuh balapan setelah itu tidak ada podium teratas yang bisa dipijak para rider Yamaha.

Tekad Pedrosa di Motegi

Sementara itu, rider Honda juga tak mau kalah dari Yamaha, salah satunya, Dani Pedrosa. Pedrosa adalah pebalap paling sering naik podium teratas di Motegi. Rider Repsol Honda itu pun bertekad melanjutkan pencapaian positifnya di sana.

Dari catatan MotoGP.com, Pedrosa merupakan rider dengan jumlah kemenangan grand prix terbanyak di sirkuit Motegi setelah lima kali naik podium teratas di sana pada seluruh kelas.

Dalam lima musim terakhir MotoGP, ternasuk balapan basah musim lalu, Pedrosa bahkan sudah meraih tiga kemenangan di Motegi. Dua kemenangan lain masing-masing ia raih saat tampil di kelas 250cc (2004) dan 125cc (2002, saat Motegi jadi bagian grand prix Pasifik).

“Motegi adalah salah satu sirkuit favorit saya, dan sebagai tambahan bahwa itu adalah sirkuit rumah Honda, saya sudah punya hasil-hasil bagus di sana,” kata Pedrosa di Crash.net.

“Jelas saya ingin meraih hasil sebaik mungkin di hadapan para penggemar kami di Jepang, tapi kami harus tiba di sana, dan langsung memoles motor dan ban untuk memahami apa kami mungkin tampil sekompetitif belakangan ini,” jelas ppemuda Spanyol itu.

Pedrosa saat ini menempati posisi empat klasemen pebalap dengan keunggulan enam angka saja dari Maverick Vinales (Suzuki Ecstar) yang membuntuti di peringkat lima, dan diatasnya ada Lorenzo.

Lantas siapa yang jadi pemenang di akhir pekan nanti, Yamaha atau Honda. Layak kita saksikan. (Krs/Rin/Rbp)

Baca juga :

Skenario Marquez Jadi Juara di Motegi Jepang

Crutchlow Pilih Marquez Ketimbang Lorenzo di Ducati