Kantor Imigrasi Siantar Sosialisasikan Gerakan Anti Pungli

RadarOnline.id, PEMATANGSIANTAR –  Kepala Kantor Imigrasi Siantar, Jaya Sahputra melakukan pertemuan dengan pegawai dan biro jasa sebagai mitra kerja di ruang rapat Setia Budi  Kantor Imigrasi Siantar, Jalan Raya Medan KM 11,5 Kabupaten Simalungun, Rabu (12/10/2016).

Pertemuan dilakukan sebagai bentuk responsif atas surat perintah Dirjenim Nomor IMI-PW.01.01-1665 perihal larangan melakukan pungutan biaya diluar ketentuan per UU an tanggal 11 Oktober 2016.

Jaya mengatakan bahwa Organisasi yang dipimpinnya (Imigrasi Siantar) sangat mendukung perihal larangan pungutan liar (Pungli) diluar ketentuan perundang-undangan yang berlaku dalam pelayanan kepada masyarakat. Apalagi organisasi dipimpinnya menerbitkan dokumen (pasport) yang menjadi sorotan dari Bapak Presiden Joko Widodo dan masyarakat.

“Kepada teman-teman media (wartawan) baik media cetak, elektronik dan juga Bara JP tolong bantu saya menertibkan agar dapat memberantas penyimpangan (pungli). Jika ada temuan tolong laporkan kepada saya dengan lengkap siapa pelakunya begitu juga pada masyarakat jangan takut melaporkannya. Pasti akan saya lakukan tindakan terukur, propforsional terhadap pelaku penyimpangan apalagi itu pegawai Imigrasi yang melakukannya,” ucap Jaya.

Mulai hari ini, dikatakan Jaya, agar kepada seluruh Biro Jasa sebagai Mitra Kerja Kantor Imigrasi (Kanim) Siantar agar melengkapi administrasi biro dan anggotanya. Kepada petugas diminta untuk mendata ulang dan melakukan kros cek kelengkapan administrasi terhadap biro yang ada, seperti nama, alamat stempel  agar bisa dipertanggungjawabkan. Bagi yang tidak memenuhi syarat akan dikeluarkan dari mitra kerja.

“Ini peringatan terakhir, bagi biro jasa yang tidak melengkapi administrasi seperti bet nama akan saya usir keluar kantor. Ini untuk meminimalkan masalah yang mungkin terjadi setelah dikeluarkan dokumen demi peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,” tegas Jaya.  (John Sihombing)