Presiden Jokowi Tegaskan Proyek Palapa Ring Untuk Kepentingan Rakyat

RadarOnline.id, JAKARTA – Dalam arahannya saat menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha Proyek Palapa Ring Paket Timur, di Istana Negara pada Kamis, 29 September 2016 lalu.  Presiden Jokowi menyampaikan bahwa proyek ini harus dikerjakan dan didorong terus karena perkembangan teknologi informasi di dunia sudah sedemikian cepat, sehingga jika tidak dilakukan maka Indonesia akan semakin tertinggal jauh.

Potensi digital ekonomi Indonesia dimasa yang akan datang sangat besar. Oleh karena itu semuanya harus disiapkan secara cepat sehingga Indonesia akan mempunyai Legal Platform dan Logistic Platform sendiri yang dapat bersaing dengan negara lain.

Ketika Legal Platform dan Logistic Platform  ini siap maka produk-produk dari daerah terpencil, industri kecil, produk petani dan nelayan, dengan cepat akan dapat disambungkan dengan konsumen.

Konektivitas bukan hanya Tol Laut, Pelabuhan dan Jalan Tol namun Tol Informasi juga sangat diperlukan untuk jangkauan kedepan. Dalam akhir sambutannya Presiden meminta agar proyek ini secepat-cepatnya diselesaikan supaya dapat segera dimanfaatkan oleh rakyat Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Robert Pakpahan  mewakili Menteri Keuangan selaku pihak pemberi fasilitas kepada proyek tersebut berupa Project Development Fund (PDF) Penyiapan Proyek dan Pendampingan Transaksi melalui penugasan kepada PT SMI.

Dengan kesuksesan proyek Palapa Ring diharapkan akan lebih banyak lagi proyek-proyek infrastruktur yang menggunakan skema KPBU. (Yenny)

NO COMMENTS