Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Pimpin Upacara HUT TNI Ke-71

RadarOnline.id, JAKARTA TIMUR – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Rabu, 5 Oktober 2016, memimpin langsung upacara peringatan HUT TNI ke-71 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Jenderal Gatot dihadapan seribu orang yang terdiri dari anggota dan pegawai negeri sipil TNI mengatakan, upacara HUT TNI Ke-71 tidak diperingati secara terpusat. Dia ingin peringatan HUT TNI dilaksanakan secara sederhana namun tidak mengurangi kemeriahan dengan menampilkan parade militer maupun pertunjukan alat utama sistem pertahanan.

“Upacara dilaksanakan di tiap daerah secara sederhana, serta tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan itu sendiri,” kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

“Makna yang terkandung dalam hal tersebut adalah TNI tumbuh dan berjuang bersama rakyat. Ini tak boleh pudar karena bersama rakyat, TNI kuat,” tambah dia.

Di hadapan ribuan prajuritnya, Jenderal Gatot menginstruksikan agar seluruh anggota TNI bersikap netral terkait pelaksanaan Pilkada 2017 nanti. Dia meminta anggotanya untuk mengawasi dan bila ditemukan kecurangan anggotanya harus cepat tanggap.  “Menyikapi Pilkada serentak 2017, saya perintahkan seluruh TNI untuk mengedepankan netralitas dalam segala tahapan Pilkada. Melakukan temu cepat dan lapor cepat apabila ditemukan potensi hal yang tidak netral,” ujarnya.

Di tengah upacara HUT TNI Ke-71,  Jenderal Gatot memberikan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana XXIV, XVI, dan VII. Penerimaan tanda kehormatan diwakili oleh Pama Satang Denma Mabes TNI Kapten Cba Imam Supriyadi, Satya Lancana XVI oleh Bintara Puskes TNI Serma Rum/W Indah Noor Fauziah, dan Satya Lencana VII oleh Tamtama Satpamwal Denma Mabes TNI Praka Faisal Septiadi.

Pada peringatan HUT TNI Ke-71, juga digelar pertunjukan seni dan budaya yang mengangkat kearifan lokal. Tak hanya itu, kegiatan sosial semisal bedah rumah bagi para veteran, pengobatan umum dan operasi katarak. (Restu) 

NO COMMENTS