Crutchlow Pilih Marquez Ketimbang Lorenzo di Ducati

Pembalab Repsol Honda Marc Marquez dan Jorge Lorenzo

Jakarta, RadarOnline.id – Seperti diketahui, Ducati sudah re smi merekrut Jorge Lorenzo untuk bersaing dalam perebutan gelar juara dunia pada tahun depan. Kepindahan Lorenzo dari Yamaha itu menurut Cal Crutchlow adalah keliru. Crutchlowmenilai Ducati semestinya menggaet Marc Marquez jadi pembalabnya.

Di awal 2016, pabrikan Italia itu telah resmi merekrut Lorenzo untuk ditandemkan dengan Andrea Dovizioso hingga dua tahun ke depan. Pebalap Spanyol itu mendepak Andrea Iannone, yang akan hijrah ke Suzuki Ecstar. Andrea Iannone menggantikan Maverick Vinales di Suzuki. Vinales sendiri menggantikan Lorenzo di Yamaha.

Namun, Lorenzo kini menjalani musim yang kurang mulus. Juara dunia MotoGP tiga kali itu sudah retired dua kali dan kesulitan mendapatkan performa terbaik sejak akhir paruh pertama musim ini. (Baca juga : Skenario Marquez Jadi Juara di Motegi Jepang)

Alhasil, Lorenzo baru mengumpulkan 182 poin, tertinggal jauh dari Marquez dengan selisih 66 poin di puncak klasmen MotoGP, padahal balapan tinggal menyisakan empat seri. Kans mempertahankan titel juara pun bisa dibilang nyaris mustahil.

Akibatnya, tak pelak kemampuan Lorenzo dalam menaklukkan Ducati yang dikenal ‘menantang’ pun mulai diragukan. Apalagi sejak era Casey Stoner, baru sekali Ducati bisa memenangi balapan saat Iannone juara di Austria beberapa waktu lalu.

“Aku cuma merasa bahwa kalau mereka (Ducati) ingin seorang pebalap yang pasti akan memenangi juara dunia, apakah aku mengira dia (Lorenzo) orangnya, dengan motor seperti itu? Tidak. Marc Marquez,” demikian kata Crutchlow.

Crutchlow yang pernah membalap untuk Ducati pada 2014 itu menambahkan, “Dia (Marquez) sempat tersedia ketika itu, mereka hanya tidak pernah membuat penawaran yang cukup bagus kepadanya atau Marc memang tidak ingin pergi,” jelas Crutchlow seperti dilansir Motorsport.

Balapan berikutnya akan digelar di Motegi, Jepang pada 16 Oktober. Setelah itu di Australia, Malasya dan seri terakhir di Valencia. (Rihard Bp)

NO COMMENTS