KPK Jalin Sinergi Dengan 26 Lembaga Antikorupsi Negara Asia Dan Eropa

Ketua DPR RI Ade Komarudin menyampaikan pidato pembukaan Workshop on Development Effectiveness to Implement the SDGs (Sustainable Development Goals) di DPR RI, Selasa (30/8/2016)

RadarOnline.id, JAKARTA – Berikut Siaran Pers yang diterima lewat email Redaksi@RadarOnline.id dari Humas KPK, Kamis (15/9/2016).

“Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini bahwa tugas pemberantasan korupsi harus dijalankan melalui sinergi dengan berbagai pihak, baik di tingkat eksekutif, legislatif maupun masyarakat di dalam dan luar negeri.

Yang tak boleh luput, lembaga antikorupsi dari negara lain, juga harus dilibatkan dalam meningkatkan kerja sama dalam upaya pemberantasan korupsi.

Dalam hal ini, KPK telah menjalin sinergi dengan 26 lembaga antikorupsi dari sejumlah negara, baik di di tingkat Asia maupun Eropa. Ke-26 lembaga itu di antaranya MACC Malaysia, SFO Inggris, AGD Australia, ACB Brunei Darussalam, CPIB Singapura, NACC Thailand dan MOS Tiongkok.

Upaya ini dilakukan, mengingat bahwa korupsi tergolong kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang bisa terjadi melintasi batas-batas suatu negara. Karenanya, penanganannya juga harus dilakukan secara luar biasa dan melibatkan banyak lembaga antikorupsi di berbagai negara.” (Yenny)