Kemenangan Atas UI Kokohkan Putri UNJ di Puncak Klasemen

Radar Online.id, JAKARTA    –    Tim futsal putri Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil memperpanjang rekor kemenangannya setelah mengalahkan tim Universitas Indonesia (UI) dengan skor 4-2 pada laga lanjutan Pul putri LIMA Futsal Air Mineral Prim-a Greater Jakarta Conference yang dihelat di Gelanggang Remaja Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (6/9/2016).

Melakoni laga ketiganya ini, pelatih UNJ, Coach Nur Fitrianto langsung menurunkan Rani Mulyasari (10) (c), Tita Rosita (12), Ranti (15) (GK), Fitria (8) dan Nadya (18) di awal laga, sedangkan lima pemain awal UI dihuni oleh Mutia (10) (c), Mutiarati (4), Dinda (69), Rizkania (21), Farah (13) dan Devi (9).

Babak pertama baru saja dimulai, putri UNJ yang mengenakan kostum hijau-hijau tampil dominan dengan operan-operan pendek dan sesekali meyelesaikannya lewat sepakan keras ke gawang UI. Namun, memasuki menit keempat, lengahnya pertahanan UNJ mampu dimanfaatkan oleh pemain UI, Devi (9) yang tak terkawal dengan mencetak gol melalui sepakan kerasnya.

Usai gol dari Devi, permainan pun terlihat semakin sengit. Masing-masing tim saling ciptakan peluang yang membahayakan. Namun, memasuki menit ke-7, penjaga gawang UNJ, Ranti, dipaksa memungut bola kali kedua setelah tendangan keras Amalina (10) tak mampu dibendungnya.

Tertinggal 0-2, Coach Nur Fitrianto terlihat lebih sering melakukan rotasi pemain. Hasilnya, di pertengahan babak pertama ini, lesatan Fitrya (8) mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Gol dari Fitrya pun memicu para pemain putri UNJ untuk terus menekan pertahanan UI. Namun, solidnya lini belakang UI yang dipimpin oleh Mutia membuat sejumlah peluang Rani dkk. belum mampu mencetak gol kedua hingga babak pertama ini usai.

Memasuki babak kedua, putri UNJ langsung turun dengan sejumlah pemain intinya. Hasilnya, laga baru berjalan dua menit, Tita Rosita (12) berhasil mencetak gol penyeimbang setelah memaksimalkan umpan matang dari Novrida (16). Gol dari Rosita membuat permainan UNJ semakin menjadi-jadi. Serangan dari berbagai daerah pun mereka lakukan guna mencari gol ketiga. Dan, usaha yang dilakukan para pemain UNJ pun akhirnya membuahkan hasil. Tita Rosita, kembali menjadi aktor dibalik gol ketiga UNJ setelah berhasil mengonversikan umpan dari Rani Mulyasari.

Seakan tak puas dengan keunggulan 3-2, Rani dkk. tetap tampil konsisten. Sementara itu, para pemain UI yang mengandalkan Mutia dan Devi terlihat mulai kelelahan, dan kesempatan tersebut pun mampu dimanfaatkan oleh para pemain UNJ. Hasilnya, satu menit sebelum laga usai, UNJ kembali berhasil mencetak gol keempatnya melalui salah antisipasi pemain UI.

“Pertandingan ini cukup melelahkan. Kurang maksimalnya pemanasan menjadi kendala kami dan harus tertinggal dua gol terlebih dulu di babak pertama. Tapi, setelah itu kami kembali tampil lebih baik dan akhirnya mampu menutup laga ini dengan kemenangan,” ujar Rani Mulyasari.

Sementara itu, kekalahan putri UI pada ajang ini dinilai Mutia karena para pemainnya mulai kelelahan khususnya di babak kedua.

“Kami turun dengan semangat tinggi, para pemain juga tampil dengan kerja sama yang baik. Namun, di babak kedua, fisik kami mulai terkuras dan akhirnya kami harus menyerah di laga ini. Dan, dua laga selanjutnya, kami targetkan untuk bisa raih poin penuh,” kata kapten tim UI tersebut.

Dengan kemenangan ini, putri UNJ masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan torehan tiga kali kemenangan, sedangkan putri UI masih belum beranjak di peringkat kedua.

Pada pertandingan selanjutnya, putri UNJ akan berhadapan dengan Universitas Pelita Harapan (UPH), sedangkan UI akan menghadapi Universitas Bina Nusantara (Ubinus). Kedua pertandingan tersebut akan kembali dihelat di Gelanggang Remaja Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (9/6/2016). (Lima/Yen)

 

 

NO COMMENTS