Presiden Jokowi Gelar Kontes Domba Garut di Istana Bogor

0
7

Presiden Jokowi ketika menghadiri Kontes Domba di Istana Bogor. (Radar Online.id/Anggiat Aritonang)

Radaronline.id, Bogor – Presiden Joko Widodo punya maksud tersendiri mengapa ia menggelar kontes domba garut dan kambing di Istana Bogor, hari ini Sabtu (27/8/2016). Jokowi ingin memberikan pesan bahwa domba garut merupakan simbol kebangkitan ekonomi kerakyatan.

Di satu sisi, perkembangan peternakan domba garut serta industri pengolahannya cukup pesat.
Domba-domba tersebut memberi dampak positif bagi kesejahteraan rakyat. Di sisi lain, keberadaan domba garut sendiri tidak lepas dari unsur kebudayaan Jawa Barat.

“Kan domba garut ini sering difestivalkan. Ada lombanya, kalau mau lomba pakai ritual-ritual dulu, dipakaikan baju tradisional, diiringi musik tradisional, mengundang orang untuk berkumpul,” ujar salah satu panitia acara, Munajat saat dihubungi, Jumat (26/8) kemarin.

Alhasil, domba garut bukan hanya sekedar menjadi komoditas peternakan dan industri semata, melainkan gambaran budaya rakyat.

Tercatat 740 peserta yang mengikuti lomba didominasi peserta dari dari Jawa Barat, selebihnya dari Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dari diakui panitia sengaja dibatasi.

“Ya kami enggak bisa hindari. Bahkan ini saja ada yang kami batasi untuk tidak ikut. Kalau enggak, bisa ada ribuan,” ujar Munajat.

Selain kontes domba garut, acara juga dimeriahkan dengan pementasan kambing perah dan domba catwalk. Tim Juri menilai kontestan berdasarkan Produksi susu paling banyak dan paling berkualitas. Di sela acara yang digelar dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB Presiden terlihat berbincang-bincang dengan para pelaku peternak dan industri domba garut.(Anggiat Aritonang)