Penari Papua Akan Ikut Meriahkan Karnaval Kemerdekaan di Kota Balige

Astronout Nainggolan, nomor kedua dari kanan, bersama puluhan Rombongan perantau suku Batak dari Papua berada di panggung acara syukuran atas pelantikan Bupati Tobasa bulan maret lalu

Balige, Radar Online.id – Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 yang akan digelar mulai Besok Sabtu (20/08) hingga minggu, dijadwalkan bakal menampilkan 3 even utama yakni Konser dengan Panggung Apung di Pantai Bebas Parapat, Karnaval Budaya dan Pesta Rakyat di Kota Balige Tobasa. Danau Toba dikenal sebagai Danau Vulkanik ini terbesar kedua di dunia, yang pertama adalah Danau Victoria di Afrika.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebut kalau acara berskala nasional tersebut dihelat selain sebagai acara puncak perayaaan HUT Kemerdekaan juga untuk lebih mengenalkan Danau Toba ke mata Dunia.

“Ini adalah puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71, sekaligus mempromosikan destinasi Danau Toba, sebagai ikon Pariwisata Sumatera Utara,” terangnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Karnaval 17-an ini sebenarnya merupakan acara tahunan yang dulu dikenal dengan istilah Karnaval Budaya dari 34 Provinsi. Mulai tahun lalu, konsepnya didesain ulang, dengan tittle Karnaval Khatulistiwa 2015 di Pontianak.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Ny Iriana Jokowi akan memimpin karnaval mulai dari Soposurung hingga Simpang Sibulele. Diharapkan kalau karnaval ini akan menjadi ekspresi kegembiraan semua warga masyarakat, sebab seluruh pengunjung turut peserta.

Berikut adalah daftar iring-iringan karnaval 15 Mobil hias dengan tema-tema visual berbagai sub etnik Batak, Iring-iringan 700 wanita berpakaian adat yang menyunggi tandok berisi beras, 300 pemain seruling, 100 wanita penari Cawan. Si Gale-Gale yang ditandu, Tarian 5 Puak, Topeng Huda-Huda, Gundala-Gundala Karo. Gondang beraneka jenis, Ulubalang, Pesilat Moccak, 400 Penari dan pemain gondang gabungan Polri dan TNI Sumatera Utara dan berada dideretan paling belakang dan penutup barisan adalah 60 Orang penari yang langsung datang dari Papua dan Papua Barat.

Astronout Nainggolan, Kontraktor asal Kota Pematang Siantar yang telah sukses di Papua, mengaku sangat bangga bila pinggiran Danau Toba dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara Karnaval Kemerdekaan tahun ini.

“Sebagai orang Batak saya senang dan bangga atas dipilihnya Danau Toba sebagai tempat perayaan, kiranya hal ini dapat memotivasi generasi muda Batak agar berlomba-lomba menjadi orang hebat atau orang penting di negeri ini, dengan demikian wilayah Toba akan selalu dinor satukan dan menjadi buah bibir dimasa yang akan datang” ujar pria yang mempersunting wanita asli Papua dan telah berada di Balige bersama keluarga dan rombongan sejak 2 hari lalu. (Osran)