Pemkot Yogyakarta Kerjasama dengan Pemkot Depok

0
29

Depok, RadarOnline.id – Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial (Eksbangsos), Eka Bachtiar dan Asisten Tata Praja (Astapra) Dudi Mi’raz menyambut kedatangan Wakil Walikota Yogyakarta beserta jajarannya ke Kota Depok, Kamis (18/8/2016). Hal tersebut dilakukan dalam rangka kunjungan kerja upaya mengurangi angka kemiskinan di Kota Pelajar tersebut.

Wakil Walikota Yogyakarta Imam Priyono beserta kepala Bapeda dan jajarannya mengajak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk mau bekerjasama mengenai upaya penanggulangan angka kemiskinan di Kota Yogyakarta. Selain itu, Imam juga ingin mempelajari terkait regulasi yang ada di Kota Belimbing serta cara mengurangi kemiskinan dalam pendidikan.

“ Artinya yang menyangkut hal pendidikan, sebab saat ini memang sangat rentan di Kota kami (Yogyakarta) terutama dalam sistemnya dan banyak yang menyalahgunakan sekolah untuk kepentingan lain,” ujarnya Kamis (18/8/2016), saat bertandang ke Balaikota Depok.

Dia juga sangat mengapresiasi kinerja serta program yang telah dijalani oleh Pemkot Depok, sehingga mampu menekan angka kemiskinan terendah tingkat provinsi bahkan nasional. Maka dari itu, Imam berharap Pemerintah Kota Depok mau membuat MoU dengan Kota Yogyakarta dan sama-sama belajar untuk menjadi kota yang terbaik.

“ Mungkin saat ini Yogyakarta memiliki angka yang tergolong lebih tinggi daripada Depok, padahal kami memiliki tingkat penduduk yang lebih rendah daripada kota Depok,” ucap alumni Pesantren Kyai Marjuki Imogiri itu.

Sementara ditempat yang sama, Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial (Eksbangsos), Eka Bachtiar menerangkan, bahwa Kota Belimbing ini mampu mencapai angka kemiskinan paling rendah dari tingkat nasional dan provinsi.

Artinya, saat ini data yang kami himpun di tahun 2014, Depok mampu menyaingi angka kemiskinan tingkat nasional dan provinsi dengan angka 2,18 persen.

” Jadi hal tersebut terbukti dengan semua pergerakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk menuju masyarakat yang sejahtera,” terangnya.

Sama halnya dijelaskan Dudi Mi’raz, bahwa Pemerintah melakukan upaya tersebut dengan berbagai program, tentunya dengan mengedepankan aspek perkembangan penduduknya.

“ Seperti misalnya pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial. Keempat program tersebut sudah membuktikan dan menunjukkan bahwa Depok memiliki angka terbaik dan mampu meningkat dengan pesat,” jelasnya.

Dudi menambahkan, bahwa Pemkot Depok juga akan terus dan tetap mengembangkan pembangunan manusia. Bahkan berharap dapat memberikan pembekalan positif untuk diterapkan di Kota Yogyakarta khususnya dan semoga selalu menjadi yang terbaik untuk keduanya serta saling memberikan dukungan menuju kota yang sejahtera.

“ Jadi melalui kegiatan kunker ini juga dapat mempererat hubungan baik antara Kota Depok dengan Kota Yogyakarta,” ucapnya. (Maulana Said)