Ruang Tahanan Dibongkar, PN Minta Kejaksaan Perketat Keamanan

0
10
Ketua Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Sujatmiko.

Surabaya,RadarOnline.id – Pembangunan gedung Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terus dilakukan, termasuk ruang tahanan para terdakwa yang menjalani sidang.

Rencananya akhir bulan ini ruang tahanan sementara tersebut akan dibongkar guna dilakukan pembangunan, otomatis pihak PN Surabaya akan mengalihkan tempat para tahanan.

” Jangan sampai persidangan terganggu karena ada pembangunan ini, jadi kita minta pihak Kejaksaan untuk menambah pengamanan,” ujar Ketua PN Surabaya Sujatmiko, Kamis (18/8/2016).

Sujatmiko menambahkan, pihaknya akan membuat ruang tahanan sementara dimana banyak sudut terbuka sehingga memerlukan pengamanan yang lebih dari biasanya.

” Kita bangun di depan ruangan yang ada saat ini, kita buat kayak semacam kerangkeng begitu. Jadi kemungkinan untuk komunikasi dengan pengunjung lebih banyak, karena banyak sudut terbuka. Nah, pihak Kejaksaan kita undang terkait hal itu agar lebih siap soal pengamanan, karena yang tau berapa jumlah tahanan yang akan disidang adalah Kejaksaan, jadi berapa pihak keamanan yang dikerahkan kejaksaan yang lebih tau,” ujar pria kelahiran Pulonprogo Jogjakarta ini.

Sementara gedung baru PN Surabaya sendiri akan ditempati akhir tahun ini, saat ini pembangunan sudah pada tahap tiga yakni finishing.
Terkair penambahan ruang sidang, Sujatmiko belum bisa memastikan. Yang jelas beberapa ruangan lama yang tidak terpakai akan dimanfaatkan.

” Nanti ruangan saya, ruangan hakim kan akan pindah semua ke gedung baru. Dari situ nanti akan kita buat ruangan jaksa, ruangan saksi, ruangan anak-anak dan juga ruangan sidang,” ujar mantan KPN Banjarmasin ini. (Harifin)