Unikom Puncaki Klasemen Pul D Putra

Surabaya, RadarOnline.id – Tim badminton putra Universitas Komputer Indonesia (Unikom) berhasil mengalahkan Universitas Semarang (USM) 3-2 dalam laga terakhir mereka di Pul D Putra LIMA Badminton Nationals 2016 di GOR Kampus C Unair, Kamis (11/8/2016).

Tunggal putra pertama USM, Saripudin, menemui lawan tangguh, Zulfikar Aziz (Unikom). Bahkan pada set pertama, Zulfikar, berhasil menyulitkan Saripudin hingga akhirnya merebut set pertama dengan skor 21-17.

Saripudin tidak tinggal diam. Memasuki set kedua, Saripudin bermain ofensif dengan pukulan-pukulan smash¬-nya dan berhasil menang di set kedua dengan skor 12-21. Saripudin akhirnya berhasil merebut set ketiga dengan skor 8-11.

Tertinggal 0-1, Unikom coba mengambil poin di partai kedua. Bagus/Hadiyat turun sebagai ganda pertama Unikom, menghadapi Fuad/Joice (USM). Kedua tim sama-sama mengandalkan pukulan smash dalam mendulang poin. Tercatat ada 24 pukulan smash yang berbuah poin dari total 38 poin di set pertama. Set pertama menjadi milik Bagus/Hadiyat dengan keunggulan 21-17.

Pada set kedua, pasangan Unikom maupun USM masih melakukan taktik yang sama dengan set pertama. Namun, penyelesaian akhir yang baik dari pasangan Unikom membuat mereka kembali berhasil mengamankan set kedua dan menutup laga dengan kemenangan. Bagus/Hadiyat unggul 21-16 di set kedua.

Unikom berhasil unggul 2-1 lewat kemenangan di partai tripel. Trio Apid/Tomi/Agung (Unikom) menghadapi Bahar/Miftachul/Chandra (USM) saling berhadapan di lapangan satu. USM sempat mengambil alih set pertama dengan keunggulan 18-21. Unikom berhasil memenangkan set kedua dengan keunggulan cukup jauh 21-13. Permainan berlanjut ke rubber game.

Tripel Unikom tampil habis-habisan dengan melakukan pukulan smash ke pertahanan USM. Unikom akhirnya berhasil menutup set ketiga dengan kemenangan 11-8.

Ade Putra Kalahkan Hadiyat
Tunggal putra Unikom, Muhammad Hadiyat, harus menyerah di tangan Ade Putra. Kedua pemain dikenal mempunyai kualitas yang cukup baik di atas lapangan. Hal ini terbukti pada permainan mereka di set pertama. Berbagai teknik pukulan disajikan oleh kedua pemain. Konsistensi Ade Putra berbuah hasil, dengan keunggulan tipis 18-21 di set pertama.

Hadiyat seperti kehilangan konsentrasi pada set kedua. Berulang kali dirinya gagal mengembalikan pukulan dari Ade Putra. Kombinasi serangan Ade Putra berhasil membawa tunggal USM tersebut unggul jauh 21-10 di set kedua.

Ganda Putra Pastikan Kemenangan Unikom
Apid dan Ivandi menjadi penentu kemenangan Unikom usai mengalahkan pasangan Fradika/Micky. Apid/Ivandi berhasil menang lewat kemenangan dua set langsung, 21-17 21-15.

Kedua tim yang sama-sama mencari kemenangan, bermain cepat dan ofensif dengan memaksimalkan pukulan smash. Bahkan 16 pukulan smash di set pertama berhasil menjadi poin bagi kedua tim. Set kedua juga berjalan dengan cukup sengit, namun efektivitas serangan Unikom memang lebih menjanjikan.

“ Kami bermain terlalu ceroboh pada partai-partai awal. Kekurangan ini akan kami coba tutupi pada pertandingan berikutnya, apalagi kita sudah memasuki perempat final.” komentar Apid Rosydin (Unikom), yang ditemui usai partai terakhir.

Dengan hasil ini, Unikom berhasil keluar sebagai juara Pul D, dan akan bertemu antara Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) atau Universitas Surabaya (Ubaya) di babak perempat final nanti. Sementara USM akan menghadapi STIE Bina Bangsa, yang merupakan pemuncak klasemen Pul B. Babak perempat final sendiri akan berlangsung Jumat (12/8/2016) besok, di GOR Kampus C Unair, Surabaya. (PrLm/Red)

NO COMMENTS