Kasus Kebakaran Hutan, Kementerian LHK Menangkan Gugatan Terhadap PT NSP

Jakarta, RadarOnline.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memenangkan gugatan terhadap PT Nasional Sago Prima (NSP) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) atas kasus kebakaran hutan di Riau pada tahun 2015.

“Gugatan yang diajukan untuk sebagian dikabulkan. Pihak Tergugat (PT NSP) terbukti melawan hukum dan untuk membayar ganti rugi,” kata Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Made Sutrisna, Jumat (12/8/2016).

Made mengungkapkan dalam sidang Putusan yang digelar Kamis, 11 Agustus 2016 kemarin, pengadilan memutuskan PT NSP untuk mengganti rugi atas kebakaran hutan yang terjadi. Total ganti rugi yang harus dibayar PT NSP mencapai Rp1,4 triliun.

Meski demikian, Made menjelaskan tidak semua gugatan yang dilayangkan Kementerian LHK dikabulkan hakim pengadilan. “Amdal yang diajukan ditolak, total ganti rugi ya Rp1,4 triliun,” jelas Made.

Untuk diketahui, kasus kebakaran hutan di Riau pada tahun 2015 lalu menyebabkan bencana asap nasional yang berdampak pada masyarakat luas. (Den/Yen)