Start Manis Putra USM di Babak Nasional

Malang, RadarOnline.id – Runner-up LIMA Badminton Kaskus Central Java & Yogyakarta Conference 2016, Universitas Semarang (USM), berhasil menang pada laga perdana mereka di LIMA Badminton Nationals 2016. USM berhasil menang 4-1 atas wakil McDonald’s East Java Conference, Universitas Negeri Malang (UM).

Tunggal pertama USM, Saripudin, berhasil menang atas tunggal UM, Taufan Bayu, dengan kemenangan dua set langsung 21-11 21-16. Kombinasi serangan melalui smash, dropshot, dan netting berhasil membuat Taufan tidak berdaya. USM untuk sementara unggul 1-0 atas lawannya.

Pada partai kedua, Fuad/Joice berhasil menggandakan keunggulan USM usai mengalahkan Ade/Dedy (UM). Fuad/Joice menyudahi perlawanan ganda UM juga dengan kemenangan dua set langsung, 21-10 21-15. Pukulan smash menjadi pukulan paling efektif bagi Fuad/Joice, dengan total 15 pukulan smash yang terhitung menjadi poin, dari total 42 poin yang dikumpulkan.

UM berhasil mempersempit jarak usai trio Agus/Rixy/Ramadhani berhasil mengalahkan Ahmad/Billy/Miftachul (USM) lewat pertarungan sengit 17-21 20-22. Set pertama, kedua tim sama-sama menggunakan taktik smash dan drive untuk mencari poin. Barulah pada set kedua, kedua tim mulai bermain ofensif dengan menampilkan pukulan-pukulan smash menyilang.

Ade Putra berhasil mengamankan kemenangan bagi USM setelah mengalahkan Muhammad Hafid 21-17 21-12. Awal set pertama, Hafid sempat memberikan perlawanan sengit kepada Ade. Ade Putra akhirnya bisa keluar dari tekanan pada pertengahan set pertama, lewat pukulan-pukulan smash¬¬-nya. Memasuki set kedua, Ade semakin di atas angin dan berhasil unggul jauh atas lawannya tersebut.

Ganda kedua USM, Fradika/Micky, berhasil menutup partai akhir dengan kemenangan bagi timnya. Menghadapi Agus/Rixy, ganda putra USM berhasil menang dua set langsung 21-15 21-18. Kemenangan Fradika dan Micky menutup pertandingan USM dan UM.

“Tim kami lebih pintar dalam menguasai emosi. Hal ini yang saya rasa menjadi penyebab permainan lawan (UM) menjadi kurang stabil. UM sebenarnya mempunyai ganda putra yang berkualitas.” tutur Micky Putra, pemain USM.

“Saya akui memang UM masih belum cukup matang untuk musim ini. Ini merupakan musim perdana bagi kami, dan kami akan berusaha tampil lebih matang untuk musim berikutnya.” Komentar Agus Firmansyah (UM).

Dengan hasil ini, peluang UM untuk lolos ke babak berikutnya dipastikan pupus. Dua tim lainnya, USM dan Unikom, akan bertanding di partai penentuan juara Pul D Putra LIMA Badminton Nationals 2016.

Sementara itu, pada lapangan dua, tim putra Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berhasil meraih kemenangan atas Universitas Sebelas Maret dengan skor 5-0. (PrLm/Red)