Optimalkan Pelayanan Masyarakat, PN Gelar Pelatihan

Humas PN Surabaya, Efran Basuning.

Surabaya, RadarOnline.id – Untuk meningkatkan standart mutu pelayanan masyarakat, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menggelar pelatihan selama tiga hari.

Pelatihan yang dilaksanakan di ruang sidang Cakra, PN Surabaya ini, dimulai Senin (8/8/2016) hingga Rabu (10/8/2016). Setelah mengikuti pelatihan, akan dilanjutkan dengan deklarasi.

Humas PN Surabaya, Efran Basuning mengatakan, pelaksanaan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan agreditasi PN Surabaya di bidang pelayanan terhadap masyarakat ini, tidak diikuti oleh semua hakim yang berdinas di PN Surabaya.

” Yang mengikuti pelatihan selama tiga hari ini tidak semua hakim. Beberapa hakim yang mengikuti pelatihan ini adalah para hakim yang juga ditunjuk sebagai pengawas bidang, ” ujar Efran.

Mereka, lanjut Efran, dilatih selama tiga hari oleh konsultan yang ditunjuk Mahkamah Agung (MA). Selain hakim, pelatihan ini juga wajib diikuti oleh para pejabat struktural PN Surabaya, termasuk Ketua PN Surabaya, Panitia Muda (Panmud) Pidana, Panmud Perdata dan beberapa panitera yang ditunjuk sebagai pengawas bidang.

” Jumlah peserta keseluruhan ada sekitar 40 orang. Dihari pertama, para peserta akan diajarkan juga tentang manajemen pengadilan berbasis IT. Selain itu, para peserta juga akan diajarkan dan diberi wawasan bagaimana menggerakkan orang, ” ungkap Efran.

Dengan diberi wawasan lanjutan berbasis IT, diharapkan nantinya ilmu yang mereka peroleh selama tiga hari berturut-turut ini dapat diaplikasikan di bidang mereka masing-masing, baik dalam hal penyusunan program-program kerja, maupun memantau bagaimana progresnya. Itu semua dilakukan secara IT.

” Pengadilan itu tak ubahnya seperti organisasi. Ketika ada salah satu komponennya tidak berjalan maka terganggulah sistem yang sedang dijalankannya, ” papar Efran.

Efran pun mencontohkan sistem yang saat ini sedang dibenahi PN Surabaya adalah area bebas merokok. Setelah ini, semua orang, baik pengunjung, hakim maupun pegawai pengadilan, tidak diijinkan merokok di sembarang tempat.

Jika ingin merokok, harus di area merokok yang sudah di sediakan PN Surabaya. Aturan tidak boleh merokok sembarangan ini, diadopsi dari aturan yang sangat ketat di pengadilan-pengadilan di luar negeri. (Harifin)

NO COMMENTS