Fasilitator ICD RZ Raih Kalpataru Prop. Sumsel

Prabumulih, RadarOnline.id – Desti Fajarini selaku Fasilitator ICD (Integrated Community Development) RZ wilayah Prabumulih meraih penghargaan Kalpataru Provinsi Sumatera Selatan, Senin (01/08/2016). Penghargaan diberikan oleh Gubernur Sumatera Selatan pada Perayaan Puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia Provinsi Sumatera Selatan yang diselenggarakan di Taman Kita Prabu Jaya, Kota Prabumulih.

Penghargaan ini diperoleh Desti dalam kategori Perintis Lingkungan melalui Bank Sampah Prabumulih (BSP). Diawali dengan kepedulian dan kecintaannya pada lingkungan, Desti mulai mendirikan dan mengelola Bank Sampah Induk di Kota Prabumulih. Untuk memulai program BSP, Desti mulai menjemput sampah dari rumah ke rumah menggunakan sepeda motor miliknya. Ia juga rajin mengunjungi setiap kegiatan untuk sosialisasi program bank sampah, kemudian mulai bekerja sama dengan pemerintah setempat.

“Alhamdulillah sekarang kami sudah bersinergi dengan pemerintah, mulai dari kelurahan sampai ke pemerintahan kota. Pemerintah memberi bantuan motor sampah, bangunan, sampai mesin. Insya Allah tahun ini akan ada mobil sampah,” ujar Desti.

Melalui BSP ini Desti bukan hanya membantu pemerintah dalam melestarikan lingkungan, tapi juga menyejahterakan warga sekitar melalui tabungan. “Rasanya senang dapat membantu orang lain. Tabungan di BSP juga bisa diambil kapan saja jika nasabah ada keperluan mendadak,” katanya.

Desti yang telah mengelola ICD Prabumulih sejak 5 tahun lalu ini mengaku bangga dan berterima kasih atas penghargaan yang ia dapatkan.

“ Alhamdulillah saya mengucapkan terima kasih kepada RZ atas prakarsa program-program pro Lingkungannya, yang berhasil mengantarkan saya mendapatkan penghargaan Kalpataru tingkat Provinsi Sumatera Selatan 2016. Terima kasih juga untuk semua volunteer lingkungan Prabumulih. Tanpa support mereka, saya tak akan bisa melakukan ini sendiri,” pungkas Desti. (Tin/Yen)

NO COMMENTS